Analisis Faktor-faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Di Jalan Lintas Sumatera Cengkeh KM 35 Kecamatan Panti

Raja, Tre Hariyedi (2022) Analisis Faktor-faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Di Jalan Lintas Sumatera Cengkeh KM 35 Kecamatan Panti. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
181000222201004_RAJA_TRE_HARIYEDI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada jalan lintas Sumatera, Cengkeh KM 35, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman dapat kita jumpai kerusakan badan jalan yang cukup parah yaitu tidak ratanya permukaan jalan, dan jalan yang berlubang sehingga terjadinya kecelakaan. Menurut data dari Polres Kabupaten Pasaman, diperoleh informasi bahwa dalam lima tahun terakhir terjadinya kecelakaan yang mengakibatkan kerugian harta benda sampai kehilangan nyawa manusia. Dengan kondisi tersebut diperlukan upaya untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas dan upaya penanganan untuk mengurangi peristiwa kecelakaan. Langkah awal yang dilakukan adalah pencarian data primer yang dilakukan survey lapangan untuk mengetahui penyebab kecelakaan. Data sekunder didapat dari Polres Kabupaten Pasaman yaitu data jumlah kecelakaan tahun 2017-2021. Dari hasil analisis faktor-faktor penyebab kecelakaan diperoleh oleh faktor manusia dalam kategori tertinggi dengan persentase rata-rata 100% dan tingkat kecelakaan tertinggi terjadi pada tahun 2018 dan tahun 2019, yaitu sebanyak 6 kasus kecelakaan. Dan dari hasil One Way-Anova didapat hasil jumlah korban meninggal dunia dengan hasil signifikansi 0.867 apabila > 0.005 artinya Ho diterima karena tidak ada pengaruh antara satu variabel independen terhadap variabel independen. Hasil jumlah kecelakaan berdasarkan data pertahun dengan hasil signifikansi 0,282 apabila < 0.005 artinya Ho ditolak artinya terdapat pengaruh antara satu variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil Jumlah kecelakaan berdasarkan hari terjadinya kecelakaan dengan hasil signifikasi 0.861 apabila > 0.005 artinya Ho diterima karena tidak ada pengaruh antara satu variabel independen terhadap variabel independen. Hasil jumlah luka ringan dengan hasil signifikansi 0.000 apabila < 0.0005 artinya Ho ditolak artinya terdapat pengaruh antara satu variabel independen terhadap variabel dependen. Saran dari penelitian ini adalah dilakukan penanganan dan kesadaran manusia sebagai pengemudi maupun pejalan kaki perlu ditingkatkan Kata Kunci : Kecelakaan Lalu Lintas, Faktor Kecelakaan, One Way-Anova

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Teknik Sipil
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Teknik Sipil
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 11 Jan 2023 06:26
Last Modified: 11 Jan 2023 06:26
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/905

Actions (login required)

View Item View Item