Profesionalitas Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Di MTsN 1 Kota Sungai Penuh Kerinci

Resti, Mustika Sihombing and Rosniati, Hakim (2022) Profesionalitas Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Di MTsN 1 Kota Sungai Penuh Kerinci. At tarbiyah, 11 (2). pp. 74-92. ISSN 2086-8324

[img] Text
Artikel.pdf

Download (1MB)

Abstract

Profesionalitas guru merupakan suatu “keadaan” derajat keprofesian seorang guru dalam melaksanakan tugas pendidikan dan memiliki kemampuan serta keterampilan khusus yang mampu mencapai keberhasilan peserta didik dalam proses pembelajaran. Profesionalitas guru dapat dilihat dari sikap yaitu kepedulian yang tulus, tanggung jawab guru yang terlibat dalam kelas dan motivasi untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi semua peserta didik kemudian pengetahuan yaitu terkait dengan bahan ajar seperti penguasaan materi pelajaran, keterampilan dalam mengajar dan keahlian dapat dilihat dari cara guru menyampaikan materi di bidang teori dan praktek keguruan sesuai bidang yang ditekuni. Sebagai seorang yang profesional pada bidangnya, guru harus mengetahui dan memahami bacaan Al-Qur’an seperti Ilmu Tajwid. Guru dapat mengajarkan bacaan Al-Qur’an dengan Ilmu tajwid yang baik melalui sejumlah materi tes yang dilakukan secara one by one oleh guru, mengadakan perlombaan MTQ antar kelas, rutin membaca Yasin setiap hari jumat pagi dan setiap setelah apel pagi. Profesionalitas guru melalui 3 Indikator secara umum telah dilaksanakan dengan baik, namun hendaknya ditingkatkan kembali.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 06 Apr 2023 07:38
Last Modified: 06 Apr 2023 07:38
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/1649

Actions (login required)

View Item View Item