Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran IPAS Berbasis Project Based Learning (PjBL) Kelas IV SDN 07 Ikur Koto Kota Padang.

Fatimah, Nurul (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran IPAS Berbasis Project Based Learning (PjBL) Kelas IV SDN 07 Ikur Koto Kota Padang. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.

[img] Text
SKRIPSI_NURUL FATIMAH-dikompresi.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nurul Fatimah,2024: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran IPAS Berbasis Project Based Learning (PjBL) Kelas IV SDN 07 Ikur Koto Kota Padang. Lembar Kerja Peserta Didik adalah salah satu media yang membantu proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan murid. Namun, kebanyakan LKPD yang ada saat ini berasal dari penerbit. Desain kurang menarik dan pertanyaan kurang meningkatkan kemampuan berpikir kritis murid. Untuk itu, peneliti mengembangkan LKPD yang berbasis Project Based Learning pembelajaran IPAS di kelas IV SDN 07 Ikur Koto Kota Padang. Bertujuan agar LKPD yang dihasilkan memiliki kriteria valid, praktis, dan efektif dalam mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), yang digunakan untuk menghasilkan produk dan menguji keefektifannya dalam pembelajaran. Model yang dipakai dalam penelitian ini adalah model ADDIE, yang meliputi lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian, LKPD berbasis Project Based Learning memiliki kriteria valid dengan skor 92 %, yang ditentukan oleh hasil validasi isi, desain, dan bahasa. Selanjutnya, aspek praktis, skor 91% diperoleh dari angket yang meliputi materi, tampilan, dan penggunaan. Pada kriteria efektivitas mencapai 91% berdasarkan aktivitas yang dilakukan murid, angket,dan tes yang diberikan kepada murid. Sehingga LKPD berbasis Project Based Learning mencapai kategori valid,praktis,dan efektif. Kata Kunci : LKPD, Project Based Learning, ADDIE

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Project Based Learning, ADDIE
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 18 Mar 2024 07:29
Last Modified: 18 Mar 2024 07:29
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2531

Actions (login required)

View Item View Item