Zelvia, Vivin (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Prezi Pada Keterampilan Membaca Permulaan Tema 2 Di Kelas II SDN 01 Asam Kumbang Pesisir Selatan. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.
Text
SKRIPSI VIVIN (20050005).pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Berdasarkan kenyataan yang ditemukan dilapangan penggunaan media pembelajaran belum diterapkan disekolah tersebut. Media Interaktif Prezi perangkat lunak presentasi untuk mengeksplorasi berbagai ide dalam sebuah layar virtual. Terlihat media pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional, media pembelajaran yang digunakan guru belum berbasis teknologi, guru belum mahir dalam pembuatan video pembelajaran, kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif prezi pada keterampilan membaca permulaan tema 2 yang valid, praktis dan efektif untuk peserta didik kelas II SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan Model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media yang dikembangkan divalidasi oleh validator aspek isi, desain, dan bahasa untuk memastikan kelayakan, sedangkan untuk melihat efektivitas yaitu dinilai dengan angket serta hasil tes oleh peserta didik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Media ineteraktif prezipada pembelajaran membaca permulaan tema 2 memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai 85%, yang dilihat dari hasil materi, tampilan, danpenggunaan media interaktif prezi yaitu 94%, sedangkan 89% untuk kriteria efektif yaitu dari hasil angket dan tes peserta didik. Jadi media interaktif prezi dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan tema 2 dikelas II SDN 01 Asam Kumbang. Kata Kunci: Interaktif Prezi, ADDIE, Membaca
Actions (login required)
View Item |