Pengaruh Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dengan Hasil Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah 1 Padang

Febrianti, Mahfira (2023) Pengaruh Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dengan Hasil Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah 1 Padang. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
skripsi mahfira cd.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kreativitas yaitu kemampuan seseorang melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, karya baru maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada, yang semuanya itu relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya. Menjadi guru kreatif tidaklah terbentuk secara tiba-tiba, melainkan lahir dari proses belajar dari pengalaman yang dilaluinya. Guru yang kreatif adalah guru yang memilkidaya cipta dalam menyiapkan metode, perangkat, media dan materi pembelajaran. Sebagaimana harusnya guru yang kreatif pastinya dapat menumbuhkan semangat belajar para siswa. Dalam hasil belajar terdapat dua faktor yang mempengaruhinya, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar adalah faktor psikologis berupa kecerdasan siswa, motivasi siswa, minat siswa, dan bakat yang dimilki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kreativitas guru pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 padang. (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 padang. (3) Pengaruh kreativitas guru pendidikan agama Islam dengan hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah 1 padang. Penelitian ini adalah penelitan yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 84 siswa dari 84 siswa di SMA Muhammadiyah 1 Padang Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 22.0 for windows. Hasil analisis data diperoleh diskripsi ini adalah (1) kreativitas guru pendidikan agama islam di SMA Muhammadiyah 1 Padang tergolong kurang baik dengan skor mean 89. (2) hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah 1 Padang tergolong kurang baik dengan skor mean 83.(3) terdapat pengaruh kreativitas guru pendidikan agama Islam dengan hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah 1 Padang itu memiliki pengaruh dengan nilai sig alfha 0,002 < 0,05. Kata Kunci: Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dan Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dan Hasil Belajar Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 26 Mar 2024 07:11
Last Modified: 26 Mar 2024 07:11
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2558

Actions (login required)

View Item View Item