Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pasca Pandemi di SMP Muhammadiyah 6 Padang

Handayani, Putri (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pasca Pandemi di SMP Muhammadiyah 6 Padang. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
skripsi full acc.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini turunnya prestasi belajar siswa pada masa pandemi. dan selama belajar daring guru tidak efektif dalam memberikan penilaian peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran guru PAI sebagai teladan untu siswa, untuk mengetahui peran guru PAI sebagai penasehat bagi setiap siswa dan untuk mengetahui peran guru PAI sebagai pengawas siswa. Adapun cara yang dilakukan guru PAI dalam melakukan meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu melakukan pendekatan personal agar siswa merasa nyaman belajar dengan guru pendidikan agama Islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif data di ambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan tahapan reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pasca pandemi di SMP Muhammadiyah 6 Padang dalam mengajar mengunakan tiga peranan yaitu peranan sebagai teladan, peranan sebagai penasehat dan peranan sebagai pengawas. Adapun bentuk guru PAI sebagai teladan di sekolah yaitu dengan memberikan contoh yang baik kepada siswa seperti dalam berbahasa yang baik, sikap tingkah laku sampai dengan kedisiplinan semua itu akan telaksana dengan baik jika guru memulai dari diri guru terlebih dahulu, bentuk guru PAI sebagai penasehat di sekolah yaitu dalam menasehati peserta didik gunakan pendekatan terlebih dahulu sehingga siswa merasa nyaman dan gunakan bahasa yang baik dalam menasehati agar siswa tidak dendam kepada guru PAI, bentuk guru PAI sebagai pengawas di sekolah yaitu dengan cara memberikan siswa tugas dan memastikan siswa mebuat tugas atau tidak sehingga nilai yang diberikan benar benar nilai hasil belajar setiap peserta didik. Kata Kunci: Peran Guru, Prestasi, Pasca Pandemi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Prestasi, Pasca Pandemi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 26 Mar 2024 07:22
Last Modified: 26 Mar 2024 07:22
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2559

Actions (login required)

View Item View Item