Seven, Bedri (2023) UPAYA PEMBINA ASRAMA DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI ASRAMA SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
SKRIPSI BEDRI CD.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Guru memegang peran yang sangat penting dalam kemajuan generasi penerus bangsa sebagai pendidik. Demikian juga dalam hal menumbuhkan semangat belajar peserta didik, semangat belajar sangat perlu ditumbuhkan dan ditingkatkan agar proses dan hasil dalam pembelajaran dapat tercapai sesuai tujuan. Adapun tujuan-tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi atau upaya pembina asrama dalam meningkatkan semangat belajar, untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat semangat belajar peserta didik serta mendeskripsikan hasil yang diperoleh pembina asrama dalam meningkatkan semangat belajar peserta didik di asrama SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara serta dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, pembina asrama dan peserta didik asrama SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Sedangkan pemeriksaan data dilakukan dengan triangulasi data yaitu membandingkan hasil wawancara dengan observasi serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, kemudian baru diambil kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini diketahui bahwa (1) Upaya-upaya yang dilakukan pembina asrama dalam meningkatkan semangat belajar adalah memberi bimbingan secara langsung kepada peserta didik di setiap kegiatan dan memberikan apresiasi atau penghargaan bagi peserta didik yang mendapatkan prestasi tinggi. (2) Faktor penghambat yang dihadapi dalam peningkatan semangat belajar ini yaitu kurangnya motivasi belajar, kemampuan peserta didik yang berbeda-beda dan juga ada paksaan dari orang tua untuk masuk ke asrama, beberapa peserta didik masih belum bisa beradaptasi di lingkungan asrama. Sedangkan Faktor pendukung dalam peningkatan semangat belajar ini adalah antara peserta didik dan pembina asrama menjadi satu lingkungan di asrama akhirnya terjalin suatu komunikasi yang efektif dan bahan ajar yang memenuhi standar kurikulum. Kata Kunci :Upaya Pembina Asrama, Semangat Belajar
Actions (login required)
View Item |