Yusraini, Yusraini (2024) Implementasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Memotivasi Keaktifan Belajar Peserta Didik di MAN 1 Solok Plus Keterampilan. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
TESIS YUSRAINI BP 22.pdf Download (27MB) |
Abstract
Abstrak Tesis ini berjudul “Implementasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Memotivasi Keaktifan Belajar Peserta Didik di MAN 1 Solok Plus Keterampilan” yang disusun oleh Yusraini, NIM: 22010104 Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat pada tahun 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemilihan alternatif pembelajaran yang tepat, agar kegiatan pembelajaran menjadi efektif dan efisien untuk menciptakan pengalaman belajar yang baik, yaitu yang dapat mencapai tujuan pembelajaran. Apalagi dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam yang cenderung dianggap membosankan dan kurang menarik bagi sebagian besar siswa, sehingga membutuhkan metode serta strategi beragam untuk dapat memotivasi siswa agar terlibat aktif dalam pembelajaran. Untuk itu, dilakukan penelitian tentang bagaimana implementasi pembelajaran SKI ini dalam memotivasi keaktifan belajar siswa di MAN 1 Solok Plus Keterampilan. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk melihat bagaimana pelaksanaan aktivitas pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang dapat memotivasi keaktifan siswa dalam belajar di MAN 1 Solok Plus Keterampilan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Penelitian dilakukan terhadap 3 orang guru bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam, kemudian siswa yang belajar SKI, perwakilan kelas X, XI, dan XII di MAN 1 Solok Plus Keterampilan, Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Sumatra Barat. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis kualitatif, yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan hasil bahwa: Pertama, guru Sejarah Kebudayaan Islam MAN 1 Solok Plus Keterampilan mempersiapkan rancangan pelaksanaan pembelajaran secara sistematis sejak awal semester dan mempersiapkan kegiatan belajar secara maksimal. Kedua, guru-guru Sejarah Kebudayaan Islam MAN 1 Solok Plus Keterampilan menggunakan metode dan strategi mengajar yang bervariasi dan menarik bagi siswa. Sehingga siswa tidak merasa bosan dalam belajar SKI, karena dalam proses pembelajaran diselingi dengan ice breaking, game edukasi, diskusi, pemaparan materi secara berkelompok, dan guru juga mengaitkan materi dengan kejadian masa sekarang. Ketiga, dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, guru-guru MAN 1 Solok Plus Keterampilan mengadakan evaluasi awal dengan menanyakan materi sebelumnya, dalam proses dengan mengamati dan lisan, akhir pembelajaran dengan tanya jawab atau lewat game edukasi, ualangan harian setiap selesai satu atau dua Bab materi ajar, tengah semester, dan akhir semester. Kata Kunci: Sejarah Kebudayaan Islam, Motivasi, Keaktifan belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sejarah Kebudayaan Islam, Motivasi, Keaktifan belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 18 Apr 2024 04:37 |
Last Modified: | 18 Apr 2024 04:45 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2582 |
Actions (login required)
View Item |