Rafikhi, Usman (2024) PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. SINAMAR PADANG-PAYAKUMBUH. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
SKRIPSI RAFIKHI USMAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Studi ini dirancang untuk mengevaluasi dampak harga, kualitas layanan, dan peran PT. Sinamar terhadap tingkat loyalitas pelanggan di jalur transportasi Padang-Payakumbuh. Dalam penelitian ini, 100 partisipan telah dipilih secara menyeluruh menggunakan metode total Google Form sebagai alat pengumpulan data. Tujuan utama penelitian ini adalah mengidentifikasi sejauh mana variabel- variabel tersebut memengaruhi loyalitas pelanggan pada jalur transportasi yang disediakan oleh PT. Sinamar. Studi ini juga menerapkan teknik Analisis Regresi Linear Berganda.dengan persamaan: Ŷ= 1,401 + 0,482X1 + 0,137X2 Berdasarkan hasil uji T dan F, ditemukan bahwa nilai-nilai kompetensi, khususnya harga (X1) dan kualitas pelayanan (X2), memiliki dampak signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y). Hasil tersebut mendukung Hipotesis (H1) dan (H2), di mana nilai thitung untuk harga sebesar 5.799 > ttabel 1.660, dan thitung untuk kualitas pelayanan sebesar 5.799 > ttabel 1.660, dengan nilai signifikansi masing-masing 0.000 = 0.005. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa harga dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Hipotesis (H3) yang menyatakan adanya pengaruh bersama-sama dari variabel independen (harga dan kualitas pelayanan) terhadap variabel dependen (loyalitas pelanggan) juga terdukung, dengan nilai Fhitung sebesar 80,346 > Ftabel 3,089 pada tingkat signifikansi 0.000 < α= 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama, variabel independen memengaruhi variabel dependen. R2 atau Rsquare sebesar 62,4% menunjukkan bahwa model yang digunakan (harga dan kualitas pelayanan) mampu menjelaskan variasi loyalitas pelanggan sebesar 62,4%. Sisanya, sekitar 37,6%, dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil tersebut memberikan gambaran bahwa harga dan kualitas pelayanan berkontribusi secara signifikan terhadap tingkat loyalitas pelanggan pada jalur transportasi Padang-Payakumbuh yang disediakan oleh PT. Sinamar. Kata kunci: pengaruh harga, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengaruh harga, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan |
Subjects: | D History General and Old World > Manajemen H Social Sciences > Fakultas Ekonomi > Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > D History General and Old World > Manajemen Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Ekonomi > Manajemen Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 07:40 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 07:40 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2616 |
Actions (login required)
View Item |