Elva, Susanti (2024) IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TAHFIZD DALAM PENINGKATAN KUALITAS HAFALAN PESERTA DIDIK DI SMPN 3 LENGAYANG PESISIR SELATAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
Tesis_Elva Susanti_22010002_2024_Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Tahfizd dalam Peningkatan Kualitas Hafalan Peserta didik di SMPN 3 Lengayang Pesisir Selatan.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan peserta didik banyak yang kurang minat dengan kegiatan ekstrakurikuler Tahfidz. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan kegiatan ekstrakulikuler tahfidz dalam Meningkatkan kualitas Hafalan Peserta Didik di SMP Negeri 3 Lengayang, untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler tahfidz dalam Meningkatkan kualitas Hafalan Pesrta Didik di SMP Negeri 3 Lengayang dan mengetahui evaluasi kegiatan ekstrakulikuler tahfidz dalam Meningkatkan kualitas Hafalan Pesrta Didik di SMP Negeri 3 Lengayang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sekunder. Adapun untuk Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Perencanaan Kegiatan ekstrakurikuler tahfidz dalam Meningkatkan kualitas Hafalan Peserta Didik dilakukan melalui pembentukan tim keagamaan dan penyusunan struktur organisasi yang bertugas merancang program ekstrakurikuler yang kreatif serta inovatif dan melaksanakan kegiatan dengan memadukan antara konsep pendidikan Islam dan umum, pembentukan program semester, dan pembentukan program prioritas, Proses pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler meliputi: Perekrutan atau penyeleksian peserta, pembinaan, dan penampilan. Tahap perekrutan atau penyeleksian peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler tahfidz di SMP Negeri 3 Lengayang dilakukan dengan cara tes dan non tes. Tahap pembinaan kegiatan ekstrakurikuler tahfidz merupakan tahap pendalaman dan penguasaan materi oleh pembina ekstrakurikuler tahfidz. Setelah diarahkan dan dibina oleh pembina ekstrakurikuler, maka tahap yang terakhir adalah tahap aksi kegiatan atau penampilan peserta ekstrakurikuler tersebut yang dilakukan secara kerja kelompok ataupun individual. Evaluasi kegiatan ekstrakurikuler tahfidz membuka jalan pencapaian prestasi non akademik peserta didik dibuktikan dengan masing-masing peserta ekstrakurikuler tahfidz mengkuti even atau perlombaan. Kata Kunci : Ekstrakurikuler, tahfidz, peserta didik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler, tahfidz, peserta didik |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 07:13 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 01:32 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2619 |
Actions (login required)
View Item |