Ratna, Sulmidas (2024) IMPLEMENTASI REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 5 LENGAYANG PESISIR SELATAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
Tesis_Ratna Sulmidas_22010060_2024_S.2 PAI_Implementasi Reward dan Punishment dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 5 Lengayang Pesisir Selatan.pdf Download (12MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi beragamnya latar belakang yang dimiliki siswa dan adanya peraturan sekolah yang ketat. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bentuk-bentuk reward dan punishment dalam proses pendidikan Agama Islam, Untuk mengetahui Pelaksanaan reward dan punishment dalam proses pembelajaran pendidikan Agama Islam dan Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan reward dan punishment dalam proses pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Lengayang Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sekunder. Adapun untuk Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, bentuk-bentuk reward dan punishment dalam proses PAI meliputi: a) reward verbal (berupa pujian, mengiyakan dan menyatakan sependapat terhadap argumen peserta didik), b) reward non verbal (berupa pemberian alat tulis, buku, pulpen dan segala sesuatu yang bermanfaat bagi peserta didik). Adapun punishment yang diterapkan guru PAI pada peserta didik meliputi: a) pemberian tugas (membaca buku dan menghafal ayat ataupun hadits), b) membersihkan tempat ibadah, dan c) membersihkan lingkungan sekolah. Pelaksanaan reward dan punishment dalam proses pembelajaran pendidikan Agama Islam. Reward dilaksanakan guru PAI sebelum masuk dalam proses pembelajaran dan setelah selesai pembelajaran, baik proses pembelajaran kelompok maupun individual, pemberian reward dilakukan guru dalam kelas yang disaksikan oleh semua peserta didik. Hal ini dilakukan untuk memberikan motivasi pada peserta didik lain yang menyangksikannya agar memiliki semangat yang sama untuk meraih posisi keberuntungan itu. Punishment juga dilakukan guru PAI dalam kelas dan di luar kelas, hal tersebut sangat bergantung pada bentuk punishment yang diberikan. Hukuman dalam bentuk membersihkan musalla dan lingkungan sekolah dilakukan guru di luar kelas dan didampingi langsung oleh guru PAI. kendala-kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan reward dan punishment dalam proses pembelajaran pendidikan Agama Islam dengan memberikan reward berupa barang atau materi tidak mungkin diberikan secara terus-menerus, karena takutnya jika diberikan hadiah berupa barang atau materi mereka akan menganggap itu sebagai upah dari hasil kerja keras mereka Kata Kunci : Implementasi, Reward, Punishment
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Reward, Punishment |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 08:25 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 01:35 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2621 |
Actions (login required)
View Item |