Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kecerdasan Spritual Siswa MTs Yayasan Pondok Pesantren Al-Barkah Gunung Tua, Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat

Susi, Lusiana (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kecerdasan Spritual Siswa MTs Yayasan Pondok Pesantren Al-Barkah Gunung Tua, Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
tesis cd room. susi lusiana.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kecerdasan spritual merupakan potensi yang harus dimiliki anak, karena pengaruhnya sangat besar dalam kehidupan anak kelak di masa depan. Sungguh sangat mengerikan jika anak-anak kita kosong dari spritual, dikuasai oleh dorongan hawa nafsu angkara murka yang pada akhirnya akan menghancurkan masa depan anak itu sendiri. Dan juga banyak kita temui bahwa sebagian orang tua dan para guru merasa bangga ketika siswa mendapatkan prestasi yang bagus pada kecerdasan intelektualnya; dan mereka seakan-akan tidak ingat bahwa ada kecerdasan yang lebih penting untuk dikembangkan untuk mengembangkan kecerdasan yang lainnya dalam diri siswa, yakni kecerdasan spritual dan kecerdasan emosional dan pada saat ini juga banyak kita temui di negara lain bahkan di negara kita sendiri bahwa sangat banyak anak-anak muda, yang tidak bisa mengendalikan dirinya dan mereka mencari kesenangan dengan hal-hal yang tidak bermanfaat sehingga mereka hidup tidak terarah bahkan mereka mempunyai akal tapi kurang berfungsi karena kecerdasan spritual yang kurang di asah dan dibimbing. Betapa mengerikan jika melihat anak- anak yang mengalami kehampaan dan kekosongan spritual, hidup dalam prilaku menyimpang, mereka mudah merusak milik orang lain, menginjak-nginjak martabat orang lain melakukan perbuatan keji dan mungkar. Tujuan penelitian ini adalah untuk: mengetahui kecerdasan spritual siswa MTs YPP Al-Barkah Gunung Tua; mengetahui peran guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan spritual siswa di MTs YPP Al-Barkah Gunung Tua; dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kecerdasan spritual siswa di MTs YPP Al-Barkah Gunung Tua. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriftif. Dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan menggunakan data Primer dan Sekunder. Hasil penelitian dari penelitian ini adalah: 1. Kecerdasan spritual siswa MTs YPP Al-Barkah Gunung Tua sudah cukup baik namun ada beberapa siswa yang masih perlu bimbingan dan arahan yang khusus; 2. Peran guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan spritual siswa MTs YPP Al-Barkah Gunung Tua adalah motivator, spritual father, pembimbing dan tauladan; 3. Faktor pendukungnya adalah lingukangannya yang religius, gurunya, kegiatan keagamaan; dan faktor penghambatnya adalah sarana prasarana, lingkungan luar, dan siswanya. Kata kunci: peran, kecerdasan, spritual.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: peran, kecerdasan, spritual
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:28
Last Modified: 12 Jun 2024 07:28
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2691

Actions (login required)

View Item View Item