PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 SENTAJO RAYA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Roni, Rafles (2022) PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 SENTAJO RAYA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS RONI RAFLES.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh SMA Negeri 2 Sentajo Raya merupakan lembaga pendidikan dengan reputasi agama yang tinggi. Selain menghasilkan siswa yang unggul, juga ditemukan bahwa siswa memiliki karakter dan komitmen yang baik terhadap pemahaman agama. Kebiasaan-kebiasaan yang dipraktikkan di sekolah ini semuanya terkait dengan nilai-nilai agama yang terkandung dalam ajaran Islam itu sendiri, salah satunya dengan mengoptimalkan peningkatan kualitas pendidikan siswa dan pembangunan manusia dalam berpikir Serta melengkapi peraturan yang telah ditetapkan bagi seluruh warga sekolah dengan sanksi bagi yang melanggar untuk meningkatkan kedisiplinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pembinaan Karakter Religius, Program pembinaan karakter religius dalam pembelajaran intrakurikuler yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam membangun nilai religius dan evaluasi hasil Pembinaan Karakter Religius pada Peserta Didik di SMA Negeri 2 Sentajo Raya melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan sumber data dipilih dengan metode Purposive yang bersifat snowball sampling dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya penulis menggunakan teknik triangulasi untuk teknik keabsahan data. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : Pertama, strategi pembentukan kepribadian religius melalui kegiatan keagamaan : keteladanan, menanamkan disiplin dan kebiasaan, menciptakan suasana yang kondusif, mengintegrasikan dan internalisasi. Kedua, pembelajaran intrakurikuler pendidikan agama Islam di sekolah untuk menanamkan nilai-nilai religius siswa SMA Negeri 2 Sentajo Raya dilaksanakan secara sistematis sesuai kurikulum 2013 dan sejalan dengan faktor pembelajaran. Ketiga, evaluasi hasil penerapan nilai-nilai PAI dalam membina karakter peserta didik di SMA Negeri 2 Sentajo Raya, terdapat 3 bagian penilaian, yaitu penilaian autentik, kriteria dan laporan hasil belajar. Evaluasi dengan menggunakan penilaian autentik dimulai dari pelaksanaan kegiatan, meliputi sikap dan perilaku siswa, pengetahuan, keterampilan, praktik, Dilihat dari penilaian kriteria berupa ulangan, (UTS), (UAS), kuis/permainan harus lulus KKM. Akhir dari penilaian adalah laporan hasil belajar siswa yang dinilai. Kata Kunci : Religius, Strategi, Intrakurikuler, Evaluasi, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Religius, Strategi, Intrakurikuler, Evaluasi, Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:48
Last Modified: 03 Jul 2024 07:48
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2743

Actions (login required)

View Item View Item