Indri, Antoni (2022) PENGGUNAAN MEDIA LIQUID CRYSTAL DISPLAY (LCD) PROYEKTOR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MTS MUHAMMADIYAH LUBUK JAMBI. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
TESIS INDRI ANTONI.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan Penelitian yang penulis lakukan ini adalah: 1). Untuk mengetahui peran media dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di MTs Muhammadiyah Lubuk Jambi. 2). Untuk mengetahui respon Peserta Didik MTs Kecamatan Kuantan Mudik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan Media Liquid Crystal Display LCD Proyektor. 3). Untuk mengetahui Faktor Pendukung dan Kendala Penggunaan Media Liquid Crystal Display (LCD) Proyektor dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Muhammadiyah Lubuk Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. selanjutnya penulis menggunakan trianggulasi sumber dan teknik untuk teknik keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Peran Media dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Muhammadiyah Lubuk Jambi adalah Media sangat berperan sekali dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Muhammadiyah Lubuk Jambi, apalagi penggunaannya saat proses pembelajaran sedang berlangsung dikelas. Karena kalau kita lihat dari manfaat penggunaan media itu sendiri adalah dapat memberikan pengetahuan baru kepada peserta didik, materi tidak monoton, dan dapat menciptakan suasana baru yang menyenangkan. Dan tak kalah pentingnya, dengan menggunakan media pembelajaran ini, akan dapat merangsang peserta didik untuk bisa lebih mudah memahami materi pelajaran dikelas. Kedua, Respon Peserta Didik MTs Muhammadiyah Lubuk Jambi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan Media Liquid Crystal Display (LCD) Proyektor adalah sangat antusias sekali. Bahkan ketika kita melihat langsung ke kelas mendengar langsung dari peserta didik, bahwa belajar dengan media pembelajaran sangat menyenangkan. Ketiga, adapun yang menjadi Faktor Pendukungnya adalah anak-anak tidak bosan Kalau kita hanya menampilkan itu-itu saja, tentu siswa kita dikelas juga akan bosan. Intinya ada pada kreatifitas penggunanya. Dan tak kalah pentingnya yang menjadi faktor pendukung juga adalah kemauan yang keras dari siswa itu sendiri untuk belajar dan ditambah dengan alokasi waktu yang mendukung serta aliran listrik yang tersedia. Kemudian yang menjadi penghambatnya adalah kurangnya pengetahuan guru dalam menggunakan media ini, juga apabila listrik mati, maka media ini tidak bisa digunakan lagi. Dan kadang- kadang waktu yang sangat singkat dalam menyampaikan materi dikelas. Baru selesai memasang media ini, sebentar saja waktu pembelajaran sudah habis. Kata Kunci: Media Liquid Crystal Display (LCD) Proyektor, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI)
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Liquid Crystal Display (LCD) Proyektor, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 03:35 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 02:06 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2748 |
Actions (login required)
View Item |