DAMPAK PEMBELAJARAN PAI BERBASIS QUR’ANI TERHADAP SIKAP KEAGAMAAN DAN SIKAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SD QU AL KAUTSAR DHARMASRAYA

Eti, Warni (2022) DAMPAK PEMBELAJARAN PAI BERBASIS QUR’ANI TERHADAP SIKAP KEAGAMAAN DAN SIKAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SD QU AL KAUTSAR DHARMASRAYA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS FULL.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Karakter merupakan suatu hal yang penting dalam diri peserta didik, namun saat ini karakter generasi muda sangat ini dikhawatirkan karena kebanyakan tidak lagi berpegang pada nilai-nilai al Qur’an dan hadist. Untuk itu dengan hadirnya sekolah dasar Qur’an al Kautsar Dharmasraya menjadikan salah satu solusi untuk menciptakan dan membina karakter generasi muda berdasarkan nilai-nilai al Qur’an dan hadis. Selama ini pembelajaran PAI hanya menitikberatkan pada penilaian kognitif saja. Namun, SD QU al Kautsar merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran PAI berbasis Qur’ani, untuk itu peneliti ingin mengetahui bagaimana menerapkan pembelajaran PAI berbasis Qur’ani ini sehingga bisa membentuk karakter peserta didik khususnya sikap keagamaan dan sikap kedisiplinan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini berbentuk penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif analisis. Penelitian ini merupakan metode untuk menemukan secara khusus dan realita tentang apa yang terjadi dengan menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan apa adanya tentang variabel. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang ditemukan adalah pembelajaran PAI berbasis Qur’ani yang diterapkan di SD QU al Kautsar secara tidak langsung dapat membentuk dan membina karakter atau sikap peserta didik yaitu sikap keagamaan dan sikap kedisiplinan. Penerapan pembelajran PAI berbasis Qur’ani dapat meningkatkan sikap keagamaan peserta didik seperti peserta didik melaksanakan shalat dhuha berjama’ah, shalat zuhur berjama’ah, puasa sunat, berdo’a sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Sikap kedisiplinan peserta didik juga dapat terlihat seperti datang dan pulang sekolah tepat waktu, menyelesaikan tugas tepat waktu, mematuhi aturan sekolah dan bisa menggunakan waktu dengan baik. Dengan adanya penerapan pembelajaran PAI berbasis Qur’ani memiliki implikasi yang bernilai positif terhadap sikap keagamaan dan sikap kedisplinan peserta didik. Kata Kunci : Pembelajaran, Berbasis Qur’ani, Kedisiplinan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Berbasis Qur’ani, Kedisiplinan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:45
Last Modified: 04 Jul 2024 08:45
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2751

Actions (login required)

View Item View Item