PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 15 KOTO ANAU

Zilfiatri, Zilfiatri (2022) PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 15 KOTO ANAU. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
(20010027) Zilfiatri.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembinaan akhlak sangat penting ditanamkan sejak dini agar akhlak anak meninggkat lebih baik, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Agar kelak menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur. Tetapi mendidik anak menjadi anak yang sholeh dan sholeha serta memiliki akhlak yang mulia bukanlah persoalan yang mudah apalagi di era perkembangan teknologi yang begitu pesat ini. Banyak faktor yang menghambat dalam peningkatan akhlak anak. Diantaranya kurangnya perhatian orangtua terhadap anak, kurangnya keteladanan, pengaruh lingkunga, dan pengaruh perkembangan teknologi yang begitu pesat terutam dibidang telekomunikasi. Kemerosotan akhlak terjadi akibat dampak negatif dari kemajuan teknologi era globalisasi. Sementara itu porsi penanaman akhlak mulia melalui contoh pribadi teladan pada pelajaran-pelajaran ke-Islaman di sekolah juga masih rendah. Meskipun guru sudah memberikan segala macam cara pada peserta didiknya mencontohkan perilaku-perilaku yang baik seperti disiplin masuk sekolah, berpakaian rapi, rambut rapi tetapi pada kenyataan masih banyak peserta didik yang tidak meneladaninya. Hal ini salah satu penyebab terjadinya kemerosotan kedisiplinan peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 15 Koto Anau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran orangtua dan guru dalam pembentukkan akhlak peserta didik serta apa saja faktor pendukung dan penghambar dalam proses pembentukkan akhlak. Jenis metode penelitian ini adalah merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang diamati, diarahkan dari latar belakang individu secara utuh (holistic) tanpa mengisolasikan individu dan organisasinya dalam variable tetapi memandangnya sebagai bagian dari suatu keutuhan.Penelitian kualitatif sering pula disebut metode etnografik, metode fenomenologis, atau metode impresionistik. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan ilmu pendidikan dan manajemen pendidikan, antara lain manajemen mutu terpadu dalam pendidikan, dan kepemimpinan. Metode ini diterapkan untuk melihat dan memahami obyek penelitian (seseorang, lembaga, masyarakat dan sebagainya) berdasarkan fakta yang tampil apa adanya (paradigma natural). Hasil penelitian sebagai berikut: 1.Orang tua berperan penting dalam pembentukan akhlak peserta diidk, karena didalam keluarga hal pertama yang diajarkan adalah akhlak yang baik, nilai agama, dan cintai kepada Allah SWT serta Rasulnya. Orang tua bertanggungjawab atas itu selain pemberian nafkah secara materil. Peran orang tua dalam pembentukan akhlak adalah mengajarkan anak dengan memberlakukannya ke diri sendiri terlebih dahulu agar anak mencontoh yang dilakukan oleh orangtua sehingga pembentukan akhlakul karimah bisa terlaksana; Peran guru terhadap pembentukan akhlak peserta didik, 2.Hasil penelitian terhadap peserta didik Sekolah Dasar Negeri 15 Koto Anau, para guru telah memberikan bimbingan, nasihat, dan contoh adab baik yang bisa diikuti oleh para peserta didik. Hal itu dilakukan untuk membentuk akhlak mereka ke arah yang lebih baik, menjadikan mereka menjadi manusia yang beradab, berakhlak dan berakal, 3.Faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukkan akhlak terdiri atas faktor internal (yang berasal dalam diri para peserta didik itu sendiri) dan faktor eksternal yang berasal dari linglungan sekolah, keluarga, berasal dari para guru dan orang tua. Kata kunci: peran orangtua, peran guru, akhlak

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: peran orangtua, peran guru, akhlak
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2024 05:04
Last Modified: 09 Jul 2024 05:04
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2757

Actions (login required)

View Item View Item