PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBIASAKAN SHALAT ZUHUR BERJAMAAH PADA PESERTA DIDIK SMPN 4 VII KOTO SUNGAI SARIK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Desi, Novianti (2020) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBIASAKAN SHALAT ZUHUR BERJAMAAH PADA PESERTA DIDIK SMPN 4 VII KOTO SUNGAI SARIK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS OK.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari tujuan Pendidikan Agama Islam dirancang untuk menumbuhkan nilai-nilai religius keagamaan sebagai bentuk untuk menghindarkan peserta didik dari benturan nilai-nilai keagamaan, mengantisipasi adanya budaya-budaya yang masuk dari luar dan bahaya pergaulan yang makin bebas dikalangan para remaja. Adapun fokus pada penelitian ini adalah menjelaskan Peran Guru Pendidkan Agama Islam Dalam Membiasakan Shalat Zuhur Berjamaah Pada peserta didik SMP Negeri 4 VII Koto Sungai Sarik Tahun Pelajaran 2019/2020 sebagai motivator, fasilitator dan edukator. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode pendekatan kualitatif yang mana dapat dilihat dari prosedur dan aktivitas yang dilakukan oleh peneliti. Dalam hal ini, peneliti ingin menggambarkan fenomena yang berkaitan dengan pembiasaan shalat Zuhur berjamah yang ada di lokasi, peneliti ingin mengetahui secara langsung proses kegiatan keagamaan khsusnya dalam shalat berjamaah, dan berupaya mendeskripsikan bagaimana usaha yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam membiasakan shalat Zuhur berjamaah pada peserta didik di SMP Negeri 4 VII Koto Sungai Sarik, supaya mendapatkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis sebagai terdapat dalam “Deskripsi Data” yang disusun berdasarkan data lisan dari hasil wawancara dengan para informan, dan dari data observasi holistik kontekstual atas perbuatan informan serta dokumentasi yang dipandang ada kaitan dengan data yang dibutuhkan dalam fokus penelitian. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil penelitian sebagai berikut: Motivasi yang diberikan guru PAI dalam pelaksanaan shalat Zuhur berjamaah di SMPN 4 VII Koto Sungai Sarik adalah memberikan motivasi atau dorongan agar peserta didik selalu menjalankan shalat Zuhur berjamaah. Guru memberikan nasihat atau perintah dengan pendekatan secara lansung baik secara individu maupun kelompok. Sebagai fasilitator dalam pelaksanaan shalat Zuhur berjamaah peserta didik di SMPN 4 VII Koto Sungai Sarik, adalah sekolah dan guru memfasilitasi dibidang sarana dan prasaran untuk kegiatan shalat berjamaah dan guru PAI juga memberikan fasilitas kepada peserta didik dengan cara bergantian menjadi imam shalat berjamaah. Sedangkan sebagai edukator dalam pelaksanaan shalat Zuhur berjamaah peserta didik di SMPN 4 VII Koto Sungai Sarik adalah memberikan arahan, ikut langsung atau memberikan contoh praktek secara langsung kepada peserta didik dan memberikan nasehat kepada peserta didik jika di dalam shalat berjamaah jika ada yang keliru. Kata Kunci: Shalat Zuhur Berjamaah, Guru, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Shalat Zuhur Berjamaah, Guru, Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:19
Last Modified: 09 Jul 2024 08:19
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2760

Actions (login required)

View Item View Item