Pengaruh Pola Asuh Islami (Islamic Parenting) dan Motivasi Orang Tua dalam Kegiatan Siswa di TPQ Terhadap Kemampuan Anak membaca Al-Quran di Jorong II Sungai Pandahan kenagarian Sundata Kecamatan Lubuk Sikaping

Elvina, Elvina (2021) Pengaruh Pola Asuh Islami (Islamic Parenting) dan Motivasi Orang Tua dalam Kegiatan Siswa di TPQ Terhadap Kemampuan Anak membaca Al-Quran di Jorong II Sungai Pandahan kenagarian Sundata Kecamatan Lubuk Sikaping. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
(190600286108077) Elvina.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah kemerosotan belajar al-Quran pada TPQ di Jorong II Sungai Pandahan ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu (1) Minimnya pendidikan orang tua. (2). Tuntutan ekonomi yang semakin tinggi. (3). Pesatnya perkembangan teknologi member efek negatif pada anak. (4) Kemerosotan akhlak beberapa anak yang belajar pada TPQ di Sungai Pandahan. Dengan demikian peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh dan motivasi orang tua terhadap kemampuan anak membaca al-Quran. Ada empat TPQ yang di teliti yaitu TPQ Al Hidayah, TPQ Khairul Huda, TPQ Mustafa Faridah dan TPQ Al Ikhlas. Pengujian hipotesis mengunakan uji regresi linear berganda, uji t Parsial, uji F, uji korelasi dengan menggunakan rumus sumbangan efektif. Sampel populasi sebanyak 100 orang dari ke empat TPQ dengan memakai teknik total sampling. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian korelasional asosiatif yang bertujuan untuk menentukan hubungan antar variabel. Dari uji t hasilnya regresi linear berganda dihasilkan nilai R square 79 %. Uji t parsial pola asuh orang tua adalah 0,0034. Pada uji F, variable X 1 (pola asuh) dan X2 (motivasi) secara simultan memberikan pengaruh terhadap variable Y. Maka hipotesis 1,2, dan 3 di terima. Dari hasil dan analisis data penelitian,, peneliti menemukan : (1). Pola asuh Islami memberikan pengaruh sebesar 78 % terhadap kemampuan anak membaca al-Qur’an pada TPQ di Jorong II Sungai Pandahan Kenagarian Sundata Lubuk Siaping. (2). Orang tua memotivasi anak agar senang membaca al-Qur’an memberikan pengaruh sebesar 1,5 % terhadap kemampuan anak membaca al-Qur’an pada TPQ di Jorong II Sungai Pandahan Kenagarian Sundata Kecamatan Lubuk Sikaping. (3). Besar pengaruh pola asuh dan motivasi orang tua terhadap kemampuan anak membaca al-Qur’an adalah 79,5 %. (4). Pola asuh dan motivasi orang tua memberikan pengaruh secara simultan terhadap kemampuan anak membaca al-Qur’an di jorong II Sungai Pandahan Kecamatan Lubuk Sikaping. Kata Kunci: Pola Asuh, Motivasi, Orang Tua, Siswa TPQ

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Motivasi, Orang Tua, Siswa TPQ
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2024 02:19
Last Modified: 10 Jul 2024 02:19
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2762

Actions (login required)

View Item View Item