PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNA GRAHITA DIMASA PANDEMI COVID-19 (Studi Komparasi di SLB Koto Agung dan SLB N 1 Pulau Punjung)

Datul, Ishmi (2020) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNA GRAHITA DIMASA PANDEMI COVID-19 (Studi Komparasi di SLB Koto Agung dan SLB N 1 Pulau Punjung). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
180600286108086 Datul Ishmi.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan Pembelajaran PAI bagi anak tuna grahita di SLB Koto Agung Kec. Sitiung. 2) Pelaksanaan Pembelajaran PAI bagi anak tuna grahita di SLB N 1 Pulau Punjung. 3) Perbedaan dan persamaan pelaksanaan pembelajaran PAI bagi anak tuna grahita di SLB Koto Agung dan SLB N 1 Pulau Punjung. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang berusaha memberikan dengan sistematis format fakta-fakta aktual dan sifat populasi tertentu. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisa dengan menggunakan triangulasi data, yaitu memadukan beberapa teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan sumber data baik berupa bahan-bahan kepustakaan, informan, KBM dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SLB Koto Agung dan SLB N 1 Pulau Punjung: 1) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan kurikulum 2013, dan metode pembelajaran yang diterapkan adalah metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab, driil, pengulangan, dan penugasan. 2) Pelaksanaan Pembelajaran di SLB N 1 Pulau Punjung menggunakan Kurikulum 2013 juga, metode yang digunakan oleh guru PAI SLB N 1 Pulau Punjung adalah metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab, tugas dan resitasi, pengulangan. Sedangkan pendekatannya menerapkan pendekatan keteladanan, pembiasaan, pengalaman dan emosional. 3) Proses pembelajaran guru menggunakan metode yang mirip serta media pembelajaran atau alat peraga yang disesuaikan dengan materi dan kondisi peserta didik. Sedangkan perbedaan secara umum terdapat pada pelaksanaan pembelajaran dimasa pandemic, SLB Koto Agung tidak melakukan pembelajaran secara daring namun secara luring serta tidak visit, penugasannya dengan cara orang tua menjemput soal ke sekolah, dan dalam sepekan anak melakukan tatap muka ke sekolah, SLB Koto Agung mendapat dukungan yang baik dari orang tua peserta didik. Sedangkan SLB N 1 Pulau Punjung dalam pelaksanaan pembelajaran PAI dimasa pandemic melakukan visit secara bergilir, dan dukungan dari orang tua kurang begitu memberikan dukungan sebaik di SLB Koto Agung. Kata Kunci: Pelaksanaan Pembelajaran PAI, Tuna Grahita

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran PAI, Tuna Grahita
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2024 02:48
Last Modified: 10 Jul 2024 02:48
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2763

Actions (login required)

View Item View Item