PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK ASPEK KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN PAI-BP ERA PANDEMI COVID-19 DI SDN 03 ULAKAN TAPAKIS PADANG PARIAMAN SUMATERA BARAT

Alfian, Tarmizi (2020) PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK ASPEK KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN PAI-BP ERA PANDEMI COVID-19 DI SDN 03 ULAKAN TAPAKIS PADANG PARIAMAN SUMATERA BARAT. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS YULNIARTI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SDN 03 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman Propinsi Sumatera Barat untuk mengungkapkan data tentang penerapan penilaian autentik dalam mapel PAI-BP. Pemilihan lokasi tempat penelitian dikarenakan SDN 03 Ulakan Tapakis ini merupakan salah satu SD penyandang gelar SDN Mandiri dalam pelaksanaan kurtilas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan perencaanaan, pelaksanaan dan kendala dari penerapan penilaian autentik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP) pada masa pandemi covid-19 di SDN 03 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman Propinsi Sumatera Barat. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan cara memaparkan gejala dan fakta yang terjadi dilapangan dan dilaporkan dengan cara mendeskripsikannya dalam bentuk tulisan dengan menggunakan tiga instrumen pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, penyusunan data, penjabaran data dan pendeskripsian data serta sampai pada penyimpulan. Hasil penelitian menemukan tiga hal pokok; 1) Dari hasil lapangan mengarahkan bahwa dalam perencanaan guru agama telah menerapkan penilaian otentik pada mapel PAI-BP tapi belum sepenuhnya memenuhi kriteria dalam kurikulum 2013. 2) Pada tahap pelaksanaan hanya sebagian dari penilaian autentik diterapkan. Walaupun demikian, pelaksanaan penialaian otentik sudah mengarah pada ketentuan yang berlaku. Ini dapat dilihat dari bentuk-bentuk penilaian yang dipakai guru. Guru telah mendisain penilaian sesuai dengan sikon kelas, lingkungan serta situasi dan kondisi di tengah wabah corona yang mempengaruhi penyajian materi yang diajarkan. Pada aspek pengetahuan, guru memakai bentuk penilaian lisan, tertulis dan penugasan. Penilaian dalam bentuk penugasan ini diprioritaskan dalam masa pandemi covid-19 ini. Karena pembelajarn diarahkan di rumah dengan sistem jarak jauh. 3) Problematika penerapan penilaian ini menjadi menarik ketika guru dihadapkan pada kondisi serba ketakutan menghadapi virus corona yang mewabah ini. belum lagi kendala kurangnya sarana dan prasarana pendukung dalam pelaksanaan kurikulum ini membuat problematika tersendiri di SDN 03 dalam hal pelaksaanaan penilaian autentik ini. Kata Kunci: Penilaian Autentik, Aspek Kognitif, Era Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Autentik, Aspek Kognitif, Era Pandemi Covid-19
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:08
Last Modified: 11 Jul 2024 02:08
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2765

Actions (login required)

View Item View Item