DAMPAK METODE COOPERATIVE LEARNING TUTOR SEBAYA TERHADAP MOTIVASI,AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR HAFALAN ALQURAN SISWA KELAS TINGGI DI SDN 07 ULAKAN TAPAKIS

Yusmanidar, Yusmanidar (2020) DAMPAK METODE COOPERATIVE LEARNING TUTOR SEBAYA TERHADAP MOTIVASI,AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR HAFALAN ALQURAN SISWA KELAS TINGGI DI SDN 07 ULAKAN TAPAKIS. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
THESIS_YUSMANIDAR_180600286108035.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Motivasi merupakan salah satu faktor yang terpenting dalam pembelajaran.Motivasi membuat siswa mau melakukan aktivitas belajar yang seharusnya dilakukan dalam pembelajaran yang pada akhirnya akan berdampak baik terhadap hasil dari suatu proses pembelajaran. Seorang guru sangat dituntut memiliki ketrampilan dalam menerapkan suatu metode.Ketrampilan dan kecakapan guru dalam memilih dan menggunakan suatu metode akan memberi dampak yang baik terhadap motivasi belajar siswa. Di lapangan banyak ditemukan berbagai macam keluhan guru tentang masalah belajar siswa ,di antara keluhan itu adalah kurang nya semangat dan keinginan siswa dalam proses pembelajaran.Mereka tidak termotivasi untuk belajar dengan baik,diantara penyebab keluhan itu adalah kurang trampilnya guru memilih dan menggunakan suatu metode. Salah satu cara untuk mengatasi keluhan itu adalah guru harus merubah cara mengajar dari metode biasa seperti ceramah atau tanya jawab kepada metode yang baru diantaranya metode cooperatif learning tutor sebaya. Untuk mengetahui bagaimana dampak dari metode cooperatif learning tutor sebaya terhadap motivasi ,aktivitas dan hasil belajar hafalan Alquran siswa,maka peneliti mengadakan sebuah penelitian ilmiyah di sebuah sekolah yaitu SDN 07 Ulakan Tapakis. Penelitian ini betujuaan : 1.Menganalisa bentuk motivasi dan aktivitas belajar siswa dalam menghafal AlQuranpada mata pelajaran PAI melalui pendeketan cooperative learning(Tutor Teman Sebaya) pada kelas tinggi di SDN 07 Ulakan Tapakis. 2. Menganalisa proses pelaksanaan menghafal AlQuran dengan pendeketan cooperative learning (Tutor Teman Sebaya ) pada kelas tinggi di SDN 07 Ulakan Tapakis. 3. Menganalisakemampuan menghafal ayat-ayat AlQuran siswa setelah melaksanakan pendeketan cooperative learning (Tutor Teman Sebaya) pada kelas tinggi di SDN 07 Ulakan Tapakis. Penelitian ini termasuk penelitian field reseach atau disebut juga penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kwalitatif dan metode deskriptif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara,pengamatan dan dokumentasi, kemudian data yang telah terkumpul direduksi,kemudian disajikan lalu dilaporkan dalam bentuk tertulis. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian dan pembahasan serta analsis yang dilakukann maka dapat disimpulkan bahwa : 1) Pembelajaran menghafal Al-Qur‟an dengan metode cooperatif learning tutor sebaya pada kelas tinggi di SDN 07 Ulakan Tapakis memberikan dampak baik terhadap motivasi dan aktivitas belajar siswa. 2) Proses pelaksanaan pembelajaran menghafal Al-Qur‟an melalui pendekatan cooperatif learning di SDN 07 ulakan Tapakis sudah berjalan dengan baik. 3) Pelaksanaan pembelajaran menghafal Al-Qur‟an pada kelas tinggi dengan metode cooperatif learning tutor sebaya dapat memberkan dampak baik terhadap hasil belajar menghafal siswa . Kata Kunci : Cooperatif Learning Tutor Sebaya,Motivasi,Aktivitas Dan Hasil

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Cooperatif Learning Tutor Sebaya,Motivasi,Aktivitas Dan Hasil
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:23
Last Modified: 11 Jul 2024 07:23
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2768

Actions (login required)

View Item View Item