PENGARUH METODE USWAH (KETELADANAN) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI KABUPATEN PASAMAN

Irhamni, Irhamni (2021) PENGARUH METODE USWAH (KETELADANAN) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI KABUPATEN PASAMAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
5.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Seorang pendidik harus membuat suatu pembelajaran berjalan secara menarik, menyenangkan efisien dan efektif serta tidak membosankan sehingga mendukung tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan. Metode ushwah (keteladanan) adalah suatu metode yang menjadikan pendidik sebagai figur dalam pembelajaran. Dalam metode keteladanan terdapat suatu kriteria yang harus dimiliki oleh seorang pendidik, yakni: kepribadian yang baik dan profesionalisme dalam bidang yang diampu. Pada penelitian ini peneliti ingin menunjukkan bahwa ada pengaruh positif metode yang digunakan oleh seorang guru terhadap motivasi dan hasil belajar anak didik. Permasaalahan dalam penelitian ini yakni apakah terdapat pengaruh yang signifikan metode uswah (keteladanan) dalam pembelajaran PAI terhadap motivasi dan hasil belajar anak didik di SMA Negeri di Kabupaten Pasaman. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh metode uswah (keteladanan) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri di Kabupaten Pasaman. Metode yang dipergunakan untuk penelitian tersebut yakni metode analisis kuantitatif yang bersifat deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah Guru PAI SMA Negeri di kabupaten Pasaman yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini juga merupakan penelitian populasi karena yang menjadi objek penelitiannya adalah semua populasinya yakni guru PAI SMA Negeri di Kabupaten Pasaman. Data peneliti dapatkan dari angket yang disebarkan kepada responden. Berdasarkan analisis Korelasi Metode Ushwah (Keteladanan) terhadap Motivasi dan hasil Belajar anak didik, dapat diambil suatu konklusi bahwa terdapat korelasi atau hubungan metode ushwah terhadap motivasi dan hasil belajar anak didik dengan tingkat hubungan/korelasi sedang Berdasarkan analisis regresi metode uswah (keteladanan) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar anak didik diperoleh hasil yaitu adanya pengaruh secara simultan antara metode keteladanan (kepribadian dan profesionalisme guru) dalam pembelajaran PAI terhadap motivasi dan hasil belajar anak didik, sehingga hipotesa dapat diterima, artinya penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Metode Uswah (Keteladanan) Dalam Pembelajaran PAI Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar anak Didik Di SMA Negeri di Kabupaten Pasaman, secara simultan sebesar 41% Kata Kunci:, Profesionalisme, Ushwah(Keteladanan), Motivasi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme, Ushwah(Keteladanan), Motivasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:58
Last Modified: 15 Jul 2024 03:58
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2774

Actions (login required)

View Item View Item