PEMANFAATAN MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PEMBELAJARAN “SEJARAH ISLAM” PADA MASA PANDEMI DI SDIT AL MARHAMAH KAMPUNG DALAM KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Eldarifai, Eldarifai (2021) PEMANFAATAN MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PEMBELAJARAN “SEJARAH ISLAM” PADA MASA PANDEMI DI SDIT AL MARHAMAH KAMPUNG DALAM KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS OK.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan pada hakikatnya bertujuan mengajak manusia kepada kebaikan dengan hikmah dan pengajaran yang baik. Oleh karena itu, Pendidikan Agama Islam merupakan bagian yang sangat diperhitungkan dalam pendidikan. Sedangkan Sejarah Islam merupakan sub bagian yang begitu berarti dalam Pendidikan Agama Islam. Kondisi Pandemi Covid-19, begitu menyita perhatian Pendidik dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dalam upaya menganalisis kemampuan pendidik dalam pemanfaatan media, menganalisis media Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan pemanfatannya dalam pembelajaran Sejarah Islam di SDIT Al- Marhamah Kampung Dalam. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Metode gabungan dengan menggunakan strategi eksploratoris sekuensial. Oleh karena itu prioritas utama menggunakan penelitian kualitatif untuk mengeksplorasi/menjelajahi masalah yang diteliti. Sedangkan Kuantitatif dengan Pree Experimental Design. Meskipun dalam masa Pandemi Covid-19 semua Stake Holder di Yayasan Al- Marhamah Padang Pariaman, khususnya di SDIT Almarhamah Kampung Dalam selalu berupaya memberikan pelayanan prima kepada peserta didik. Penelitian yang berjudul “Pemanfaatan Media Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran “Sejarah Islam” pada Masa Pandemi di SDIT Al-Marhamah Kampung Dalam” sebagai bukti adaya upaya memberikan pelayanan sebagaimana yang diharapkan. Perangkat yang digunakan dalam Pembelajaran berupa Laptop, infocus dan Handphone Android dan aplikasi yang dimilikinya. Sedangkan Media yang digunakan dalam pembelajaran Sejarah Islam diantaranya : Video pembelajaran, Google Form, Microsoft Powerpoint, dan lain sebagainya. Dari Semua sampel yang diobservasi, semua instrument dinyatakan valid karena tingkat signivikansi 0,005, artinya penggunaan Media Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Sejarah Islam mampu meningkatan hasil belajar peserta didik pada masa pandemi di SDIT AL-Marhamah Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media, Teknologi, Sejarah Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:05
Last Modified: 15 Jul 2024 07:05
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2775

Actions (login required)

View Item View Item