IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA COVID-19 DI SMPN 1 PARIAMAN

Wati, Susanti (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA COVID-19 DI SMPN 1 PARIAMAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS OK.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Implementasi pembelajaran daring merupakan pelaksanaan atau penerapan guna mendapatkan sesuatu yang diinginkan bersama, yang tidak hanya merupakan sebuah aktifitas,melainkan suatu kegiatan yang sudah direncanakan dan secara serius yang berpedoman pada norma-norma tertentu dalam mencapai tujuan yang diinginkan melalui suatu proses yang diselenggarakan oleh pendidik,baik orang tua maupun guru dalam memperoleh dan memproses pengetahuan, keterampilan dan juga sikap.proses penerapan ini dilakukan secara online menggunakan aplikasi pembelajaran atau jejaring sosial yang dilakukan tanpa tatap muka. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, proses pelaksanaan, serta kendala-kendala yang dihadapi oleh sekolah, yang dalam hal ini adalah tenaga pendidik termasuk orang tua dan peserta didik. . Penelitian ini diharapkan dapat memberikan faedah yang bermanfaat terhadap pihak sekolah, guru, orang tua, dan peserta didik dalam mencarikan solusi terhadap permasalahan dan kendala-kendala yang dihadapi dalam proses belajar mengajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam secara daring Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi serta catatan lapangan.sedangkan analisis data dilakukan dengan cara menyusun data, mengorganisasikkan data, menjabarkannya kedalam unit-unit, melakukan sintesa, dan membuat kesimpulan. Untuk validasi data digunakan beberapa kriteria guna memeriksa keabsahan data.antara lain derajat kepercayaan (credibility) , kebergantungan (transferability) , kebergantungan (dependability) ,dan kepercayaan (confirmability) Berdasarkan hasil temuan penelitian didapatkan bahwa: 1). Penerapan pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Pariaman dapat terlaksana dengan baik walaupun ada kendala-kendala yang dihadapi. Kepala Sekolah, Wakil Kurikulum , serta guru mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Pariaman telah menerapkan pembelajaran daring mulai dari perencanaan yang disesuaikan dengan kurikulum kondisi khusus pandemi Covid-19, dimana terjadi perampingan kompetensi dasar yang harus dimiliki pesrta didik .Tentu saja ini berdampak pada perubahan dalam menyusun perencanaan program pembelajaran (RPP) sebagaimana tertuang dalam surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan RI nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19. 2). Guru mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Pariaman telah melaksanakan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan model pembelajaran terpadu (blended) yaitu memadukan model pembelajaran daring dan luring. 3). Adanya kendala –kendala dilapangan yang harus dicarikan solusi cepat, tepat dan kongkrit oleh semua pihak dalam hal ini tentu harus ada kajian lebih mendalam terhadap kebijakan ini , yang tentunya datang dari pemerintah selaku pembuat kebijakan serta adanya peran serta sekolah dan masyarakat. Keyword: Implentasi, pembelajaran daring, SMPN 1 Pariaman

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implentasi, pembelajaran daring, SMPN 1 Pariaman
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:13
Last Modified: 15 Jul 2024 07:13
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2776

Actions (login required)

View Item View Item