STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UMKM RAHMA PUTRI

Dwi, Fepdila (2024) STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UMKM RAHMA PUTRI. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPSI DWI FEBDILA.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari Produk (produc), Harga (Price), Tempat (Place) dan Promosi (Promotion) untuk meningkatkan penjualan UMKM Rahma Putri. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kualitatif yang digunakan untuk mendapatkan data dari tempat tertentu yang alamiah (bukan buatan). Data diperoleh dengan melalui daftar pertanyaan dalam survei (wawancara) dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang didapatkan UMKM Rahma Putri menggunakan matriks ifas dan efas, matriks internal faktor evaluasi 1,6 dan matriks ekstrenal faktor evaluasi 0.96 mengungkapakn bahwa UMKM Rahma Putri berada pada posisi kuadran 1 yang merupakan situasi menguntungkan. Sehingga strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif yaitu dengan memanfaatkan peluang dan kekuatan yang dimiliki UMKM Rahma Putri. UMKM Rahma Putri memiliki kekuatan dalam kualitas produk yang unggul, terdaftar BPOM, dan sudah bersertifikat halal dengan harga produk yang masih sangat terjangkau oleh konsumen. Kelemahan meliputi keterbatasan lokasi produksi, dan promosi yang masih kurang efektif. Peluang yang dapat dimanfaatkan mencakup perluasan target pasar dan melakukan inovasi produk. Ancaman utama meliputi persaingan dengan pesaing sejenis, dan fluktuasi harga bahan baku. Kata Kunci : Strategi Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat dan Promosi)

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat dan Promosi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > D History General and Old World > Manajemen
Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Ekonomi > Manajemen
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 19 Jul 2024 09:02
Last Modified: 19 Jul 2024 09:02
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2796

Actions (login required)

View Item View Item