Samrido, Asriko (2022) HUBUNGAN IKLIM KELAS DAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 13 PAINAN UTARA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
Tesis Samrido Asriko 20010023 oke.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Iklim kelas diarahkan untuk mewujudkan suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan agar dapat memotivasi peserta didik untuk dapat belajar dengan baik sesuai dengan perkembangan dan kemampuannya. Dengan adanya iklim kelas yang kondusif maka akan mendukung keberhasilan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas. Dan iklim kelas yang kondusif akan memacu siswa untuk bersemangat dalam belajar sehingga pembelajaran akan lebih berkualitas. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui; 1) Hubungan yang signifikan antara iklim kelas dengan hasil belajar PAI pada Sekolah Dasar Negeri 13 Painan Utara; Hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar PAI pada Sekolah Dasar Negeri 13 Painan Utara; dan Hubungan yang signifikan antara iklim kelas dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar PAI pada Sekolah Dasar Negeri 13 Painan Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan metode kuantitatif yang bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa di SD Negeri 13 Painan Utara yang berjumlah 23 orang dengan penetapan sampel melalui teknik random sampling dengan jumlah sampel 23 orang. Teknik pengumpulan data ialah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif menggunakan menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda, yaitu teknik untuk menguji bagaimana hubungan variabel X1, Variabel X2 dan variabel Y. Hasil penelitian mengungkapkan, bahwa: 1) Terbukti terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara iklim kelas dengan hasil belajar siswa pada iklim kelas dengan hasil belajar siswa bidang studi PAI pada Sekolah Dasar Negeri 13 Painan Utara yaitu 48,4%. Sedangkan 51,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian; 2) Terbukti terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada Sekolah Dasar Negeri 13 Painan Utara adalah 0,3% Sedangkan 99,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian; 3) Terbukti terdapat hubungan yang positif dan signifikan variabel iklim kelas dengan hasil belajar siswa pada Sekolah Dasar Negeri 13 Painan Utara adalah 48,4% Sedangkan 51,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Hal ini dapat diketahui karena Fhitung lebih besar dari Ftabel, maka secara statistik Ho diterima dan Ha ditolak dengan kolom signifikan (0,150) > α (0,05) artinya signifikan. Hal ini berarti iklim kelas dan motivasi belajar secara bersama-sama mempunyai hubungan signifikan dan positif dengan hasil belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Sekolah Dasar Negeri 13 Painan Utara. Kata Kunci: Iklim Kelas, Motivasi dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Iklim Kelas, Motivasi dan Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 03:07 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 02:22 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2800 |
Actions (login required)
View Item |