Nurdini, Nurdini (2018) PENGARUH DISIPLIN DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 KOTA PADANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
Skripsi Pengaruh Disiplin PDF.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian expost facto, penelitian ini dilakukan setelah melihat fenomena-fenomena yang telah terjadi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Padang setelah melakukan observasi. Hasil observasi menemukan bahwa terdapat siswa yang belum disiplin dalam belajar dan masih kurang aktif dalam mengikuti pelajaran. Peneliti ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh disiplin dan aktivitas belajar ini terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh disiplin terhadap hasil belajar siswa kelas V MIN 1 Kota Padang, (2) pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V MIN 1 Kota Padang, (3) pengaruh disiplin dan aktivitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas V MIN 1 Kota Padang. Instrumen penelitian untuk meneliti kedisiplinan dan aktivitas terhadap hasil belajar adalah teknik angket yang dimana telah disediakan alternatif- alternatif jawaban yang telah disediakan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN 1 Kota Padang tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 100 orang. Dalam penelitian ini tidak dilakukan pengambilan sampel, karena peneliti mengambil 85 orang siswa sebagai subjek penelitian dan 15 orang dijadikan sebagai subjek untuk uji coba angket, karena semua siswa dijadikan subjek, maka penelitian ini disebut dengan penelitian populasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan komputerisasi dengan memanfaatkan program SPSS (Statistical Product and Service Solution). Sehingga diperoleh hasil penelitian ini yaitu: (1) Secara parsial hanya disiplin yang berpengaruh positif terhadap hasil belajar, sedangkan untuk variabel (2) Aktivitas belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, (3) Secara bersama-sama disiplin dan aktivitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar. Saran: Guru dan sekolah hendaknya memberlakukan tata tertib sekolah dengan konsisten, sehingga siswa mempunyai rasa tanggung jawab untuk melaksanakan tata tertib tersebut. Guru hendaknya selalu memberi contoh kepada siswanya dengan selalu disiplin dalam segala hal seperti datang tepat waktu ke sekolah, disiplin dalam berpakaian dan lain-lainnya. Guru hendaknya menggunakan metode dan strategi yang menarik saat proses belajar mengajar agar siswa lebih bersemangat dan aktif. Kata Kunci: Disiplin, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Siswa
Actions (login required)
View Item |