METODE PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM OLEH KELUARGA TERDEKAT TERHADAP ANAK KORBAN PERCERAIAN (STUDI DI DESA PAKASAI PARIAMAN TIMUR KOTA PARIAMAN)

Mimi, Delfia (2020) METODE PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM OLEH KELUARGA TERDEKAT TERHADAP ANAK KORBAN PERCERAIAN (STUDI DI DESA PAKASAI PARIAMAN TIMUR KOTA PARIAMAN). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS LENGKAP.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana metode penanaman nilai-nilai pendidikan Islam oleh keluarga terdekat terhadap anak korban perceraian ( Studi kasus di Desa Pakasai Padusunan Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman)”. Batasan masalah dalam penelitian ini : 1. Metode yang diterapkan keluarga terdekat dalam menanamkan aqidah , ibadah, akhlak dan nilai-nilai sosial kemasyarakatan terhadap anak , 2. Materi aqidah , ibadah, akhlak dan nilai-nilai sosial kemasyarakatan yang ditanamkan terhadap anak, 3. Faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai aqidah , ibadah, akhlak dan nilai-nilai sosial kemasyarakatan terhadap anak Tujuan penelitian ini untuk : 1. Mengungkap metode keluarga terdekat dalam menanamkan aqidah , ibadah akhlak dan nilai-nilai sosial terhadap anak 2. Mengungkap bentuk materi yang diberikan keluarga terdekat dalam menanamkan aqidah , ibadah akhlak dan nilai-nilai sosial terhadap anak .3. Mengungap faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai aqidah , ibadah, akhlak dan nilai-nilai sosial kemasyarakatan terhadap anak Penelitian ini menggunaan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala desa, Keluarga terdekat dari anak korban perceraian, anak korban perceraian, ditambah informasi dari pemuka agama dan pemuka adat. Penelitian ini berhasil menemukan : 1. Metode penanaman nilai-nilai pendidikan Islam oleh keluarga terdekat terhadap anak korban perceraian dalam hal aqidah dan ibadah dengan menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, nasehat, kisah / cerita , perhatian dan pengawasan, pemberian reward dan hukuman. 2. Metode penanaman nilai-nilai pendidikan Islam oleh keluarga terdekat terhadap anak korban perceraian dalam hal akhlak yaitu dengan metode keteladanan, pembiasaan, nasehat, kisah atau cerita. 3. Metode penanaman nilai-nilai pendidikan Islam oleh keluarga terdekat terhadap anak korban perceraian dalam hal sosial kemasyarakatan yaitu pembiasaan, keteladanan , nasehat dan pemberian reward dan hukuman.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Nilai islam, anak, perceraian
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:07
Last Modified: 25 Jul 2024 02:07
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2813

Actions (login required)

View Item View Item