Delima, Warni (2020) DAMPAK PENGGUNAAN METODE RESITASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA COVID-19 SDN 24 KAMPUNG DALAM PADANG PARIAMAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
TESIS DELIMAWARNI_merged.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang terpenting dalam menentukan hasil belajar peserta didik. Motivasi dari dalam diri membuat peserta didik mau belajar dengan penuh tanggung jawab yang seharusnya dilakukan di setiap pembelajaran. Seorang guru sangat dituntut memiliki keterampilan dalam menerapkan suatu metode dalam pembelajaran. Ketrampilan dan kecakapan guru dalam memilih dan menggunakan suatu metode akan memberi dampak yang baik terhadap keberhasilan belajar siswa. Metode resitasi dilakukan oleh guru untuk memberikan pemahaman dan pendisiplinan serta menumbuhkan kesadaran pada diri siswa untuk selalu belajar dan mengerjakan tugas tanpa dipaksa terlebih dahulu. Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode resitasi dan motivasi peserta didik serta hasil belajar PAI maka peneliti mengadakan sebuah penelitian ilmiah di sebuah sekolah yaitu SDN 24 Kampung Dalam. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Mendeskripsikan pembelajaran PAI dengan menggunakan metode resitasi di SDN 24 Kampung Dalam. 2. Menganalisa motivasi peserta didik dalam belajar PAI di SDN 24 Kampung Dalam 3. Menganalisa hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan metode resitasi di SDN 24 Kampung Dalam. Penelitian ini termasuk penelitian field reseach atau disebut juga penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, pengamatan dan dokumentasi, kemudian data yang telah terkumpul direduksi, kemudian disajikan lalu dilaporkan dalam bentuk tertulis. Hasil temuan penelitian dan pembahasan serta analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa; 1) pembelajaran PAI dengan menggunakan metode resitasi di SDN 24 Kampung Dalam sangat baik dan berjalan sesuai harapan guru agama tanpa di masa pandemi covid-19 ini. 2) Motivasi peserta didik untuk belajar dan mengerjakan tugas di sekolah maupun dirumah sangat baik dalam kondisi serba kecemasan akibat tertular virus corona. 3) Hasil belajar PAI dengan menggunakan metode resitasipun sangat baik dengan perolehan rata-rata di atas KKM yang ditetapkan sekolah. Kata Kunci: Metode Resitasi, Motivasi dan Hasil Belajar PAI, Era covid-19
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Resitasi, Motivasi dan Hasil Belajar PAI, Era covid-19 |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 02:19 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 02:56 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2814 |
Actions (login required)
View Item |