Rahmadani, Rahmadani (2022) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM SURAT LUQMAN AYAT 12-19 PADA PENDIDIKAN KELUARGA DI KORONG PILUBANG KETAPING BATANG ANAI PADANG PARIAMAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
TESIS RAHMADANI 180600286108023 PDF.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini berangkat dari fenomena zaman saat ini berupa perkembangan zaman yang semakin maju, berkembangnya IPTEK, meluasnya media informasi yang memberikan dampak positif dan negatif kepada anak dalam masa usia sekolah. Sementara orang tua dituntut untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam kepada anak, yakni nilai aqidah, nilai ibadah dan nilai akhlak. Pedoman orang tua menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam terhadap anak sangat bik mencontoh dengan kisah Luqman menanamkan nilai tersebut kepada anaknya yang disebutkan oleh Allah Swt dalam surat Luqman ayat 12 -19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui lebih dalam nilai – nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam surat Luqman ayat 12 – 19, untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan Islam berupa nilai pendidikan Aqidah, Nilai Ibadah dan Nilai Akhlak pada pendidikan keluarga dan faktor apa yang mendukung dan menghambat dalam menanamkan nilai-nilai pedidikan Islam dalam keluarga. Penelitian ini, penelitian pustaka dengan memakai beberapa tafsir sebagi referensi untuk menggali nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam surat Luqman ayat 12 -19 dan penelitian kualitatif untuk melihat dengan nyata implementasi nilai-nilai pendidikan Islam itu di dalam keluarga yang disusun berdasarkan data lisan dari wawancara dengan informan. Adapun hasil penelitian ini bahwa ada beberapa nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam surat Luqman ayat 12-19. Yakni nilai pendidikan aqidah seperti luqman mengajarkan kepada anaknya tidak boleh berbuat syirik , nilai ibadah seperti luqman menyuruh anaknya agar mendirikan sholat dan nilai akhlak seperti luqman menyuruh anaknya agar jangan berlaku sombong dan angkuh. kemudian dalam implementasi nilai-nilai pendidikan Islam telah memperlihatkan adanya pengamalan nilai-nilai tersebut bahkan penanaman nilai- nilai pendidikan Islam yang dimaksud dibantu oleh peran guru di Sekolah Non Formal dan guru Sekolah di Formal. Selanjutnya Implementasi nilai-nilai pendidikan Islam itu ada pasang surutnya karena ada faktor yang mendukung dan menghambat untuk pembinaannya terhadap anak berupa faktor internal yang terdiri dari pendidikan orang tua, sikap orang serta ekonomi keluarga dan juga ada faktor eksternal seperti lingkungan dan media massa Kata Kunci: Implementasi, Nilai-Nilai Pendidikan Islam, pendidikan keluarga
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Nilai-Nilai Pendidikan Islam, pendidikan keluarga |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 07:34 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 02:17 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2824 |
Actions (login required)
View Item |