ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI SARANA PEMBENTUKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 9 PADANG)

Abdul, Aziz (2022) ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI SARANA PEMBENTUKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 9 PADANG). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
(20010005) Abdul Aziz- Tesis.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK SMA Negeri 9 Padang merupakan sekolah yang berada di Padang Sumatera Barat, diantara mata pelajarannya adalah Pendidikan Agama Islam tujuan agar membentuk peserta didik yang bereligiusitas, tetapi masih ditemukan peserta didik belum berligiusitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses, problem dan Solusi pembelajaran pendidikan agama Islam sebagai sarana pembentukan relegiusitas di SMA Negeri 9 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, Data dalam penelitian ini data primer yaitu Kepala sekolah, Wakil Kurikulum, Wakil Sarana dan Prasarana, Guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik dan data sekunder diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan melalui reduksi dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Proses pembelajaran pendidikan agama Islam sebagai sarana pembentukan relegiusitas di SMA Negeri 9 Padang yang dilakukan Penguatan Pembentukan Karakter (PPK), menyimak asmaul husna, memberi salam, berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran, tadarus, mengumpulkan buku agenda ibadah serta pemberian motivasi. Problem yang dihadapi antara lain: a) Faktor Peserta didik yaitu Masih Kurangnya Konsentrasi maupun motivasi dan kurangnya Implementasi Pengamalan Ajaran Agama Islam dalam Kehidupan sehari- hari. b) Faktor Pendidik dalam menyampaikan pembelajaran kurang menguasai metode dan kurang variatif sehingga menimbulkan proses belajar mengajar yang monoton. c) Faktor Sarana Prasaran belum mamadai d) Faktor Lingkungan Sekolah Kurangnya minatnya peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Solusi yang dilakukan yaitu: a) Faktor peserta didik yaitu Mengubah trik Memotivasi, Menciptakan Iklim Kelas yang Menyenangkan, Membiasakan peserta didik untuk mengamalkan ajaran Islam. b) Faktor Pendidik yaitu mengikuti pelatihan-pelatihan keguruan seperti diklat, dan ikut berpastisipasi dalam kegiatan Musyawarah Guru Mata Paelajaran (MGMP) PAI. c) Faktor Sarana Prasaran memperbaiki dan melengkapi sarana prasarana yang dibutuhkan agar dapat mewujudkan suasana belajar yang nyaman dan kondusif bagi peserta didik. d) Faktor Lingkungan mengadakan training motivasi dan forum Islami. Kata Kunci : Pembelajaran, Problematika, Solusi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Problematika, Solusi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 26 Jul 2024 07:35
Last Modified: 28 Aug 2024 01:48
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2828

Actions (login required)

View Item View Item