REKONSTRUKSI KONSEP PENGEMBANGAN KURIKULUM PEMBELAJARAN AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DAN RELEVANSI DENGAN KURIKULUM 2013 REVISI DI MTs MUHAMMADIYAH PP MAALIP SEI JERNIH TALU

Ajumril, Ajumril (2021) REKONSTRUKSI KONSEP PENGEMBANGAN KURIKULUM PEMBELAJARAN AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DAN RELEVANSI DENGAN KURIKULUM 2013 REVISI DI MTs MUHAMMADIYAH PP MAALIP SEI JERNIH TALU. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS AJUMRIL OKE.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan Muhammadiyah memiliki ciri khas yaitu pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK). Pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyaahan memiliki tujuan untuk menumbuh kembangkan akidah melalui pengamalan dan pembiasaan tentang Al-Islam, mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragama dan berakhlaqul karimah sesuai Al-Qur’an dan Sunnah. Rumusan masalah bagaimana langkah-langkah pengembangan, proses pelaksanaan dan evaluasi kurikulum Pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan di MTs Muhammadiyah PP Maalip Sei Jernih. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, bertujuan 1) Mendeskripsikan dan nenganalisis langkah–langkah pengembangan kurikulum Al Islam dan Kemuhammadiyahan, 2). Mendeskripsikan dan menganalisis proses pelaksanaan kurikulumm pendidikan Al Islam Kemuhammadiyahan 3). Mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi kurikulum pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Lokasi penelitian di MTs Muhammadiyah PP Maalip Sei Jernih. Objek penelitian Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pasaman Barat, Kepala Madrasah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, guru Pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Instrumen dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi. Teknik analysis data adalah analysis deskriptif, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) langakah-langkah pengembangan kurikulum Pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan di MTs PP Maalip Sei Jernih secara umum adalah membentuk tim pengembang kurikulum, penyusunan kurikulum, mengadakan sosialisasi 2) Pelaksanaan kurikulum Pendidikan AIK dilakukan melalui kegiatan pembelajaran di dalam kelas dan pembiasaan melalui teladan guru dalam budaya madrasah 3) evaluasi kurikulum Pendidikan AIK diterapkan pada program pengembangan, pelaksanaan kurikulum yang melibatkan komponen pendidikan di MTs Muhammadiyah PP Maalip Sei Jernih. Kata Kunci : Rekonstruksi, Pengembangan Kurikulum, Pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Rekonstruksi, Pengembangan Kurikulum, Pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 29 Jul 2024 02:32
Last Modified: 28 Aug 2024 02:28
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2833

Actions (login required)

View Item View Item