Ramli, Ramli (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA VIDEO ONLINE PEMBELAJARAN FIQH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 2 KOTA PADANG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
Scan PDF_TESIS_Ramli_NIM. 20010091.pdf Download (16MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandemi covid 19 telah memaksa terjadi perbuahan konsep pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran Daring, dirumah saja. Hal ini tentu saja menutut guru dan siswa untuk mampu mengusai IT seperti bagaimana pemanfaatan media video online. Berdasarkan observasi bahwa di MIN 2 Padang, para guru berupaya memanfaatkan media video online dalam proses pembelajaran, hal ini juga dilakukan oleh guru mata pelajaran Fiqih. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan media video secara Online di Masa Pandemi yang dilakukan guru mata pelajaran Fiqih, strategi yang digunakan guru mata pelajaran Fiqih di MIN 2 Padang dalam sistem media online di Masa Pendemi. Hasil belajar peserta didik melalui penggunan media video online di Masa Pandemi yang dilakukan guru mata pelajaran Fiqh serta kelebihan dan kekurangan penerapan media video secara online di Masa Pandemi yang dilakukan guru mata pelajaran Fqih di MIN 2 Padang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang menjadi lokasi penelitian adalah MIN 2 Padang. Untuk mengumpulkan data menggunakan instrumen pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data guru Fiqih dan siswa. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini. Pertama penerapan media video secara Online di Masa Pandemi yang dilakukan guru mata pelajaran Fiqih di MIN 2 Padang adalah membuat video, mengirimkan video pada walikelas untuk di kirim ke gruop, peserta didik mengamati serta memahami video, guru melakukan evaluasi, guru melakukan penilaian terhadap hasil pengerjaan peserta didik tersebut Kedua strategi yang digunakan guru mata pelajaran Fiqih adalah membuat rancangan pelaksanaan pembelajaran daring, mempersiapkan media pembelajaran, mempersiapkan bahan ajar, menentukan aplikasi yang digunakan, menentukan metode yang digunakan, serta menentukan pendekatan yang digunakan. Ketiga hasil belajar melalui penggunaan media video online di Masa Pandemi di rasakan menurun atau kurang optimal. Keempat kelebihan penerapan media video secara online di Masa Pandemi adalah pembelajaran lebih fleksibel, mudah diakses serta materi yang bisa diulang- ulang. Sedangkan kekurangannya adalah membutuhkan peran serta orang tua, akses internet yang kadang lelet, serta kuranya interaksi dengan guru dan teman. Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Media Video Online, Pelajaran Fiqh
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Hasil Belajar, Media Video Online, Pelajaran Fiqh |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 08:52 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 02:18 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2840 |
Actions (login required)
View Item |