INTEGRASI NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 LEMBAH MELINTANG KABUPATEN PASAMAN BARAT

Maisaroh, Maisaroh (2022) INTEGRASI NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 LEMBAH MELINTANG KABUPATEN PASAMAN BARAT. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
OK Maisaroh.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Integrasi adalah salah satu bentuk interaksi antara agama dan ilmu pengetahuan. Keduanya mempunyai jembatan yang menyatukan, tidak bersinggungan namun lebih kepada penyatuan bahkan peleburan. Penelitian yang di perlukan untuk mengintegrasikan nilai nilai islam dalam Al-Qur’an dan hadis dalam ilmu pengetahuan modern dan mengaplikasikannya dalam materi pelajaran Biologi SMA, dalam penelitian ini akan menjelaskan integrasi nilai pendidikan agama Islam dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Tujuan utama yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui mengintegrasikan nilai-nilai agama Islam dengan mata pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Untuk mengetahui bentuk integrasi nilai-nilai pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat integrasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dengan pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Bentuk penelitian ini (field reseach) dengan metode penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif, yaitu bertujuan untuk menggambarkan sesuatu apa adanya. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan, kesimpulannya pertama, dimulai dari proses perencanaan pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang memuat identitas mata pelajaran, standar kompetensi (SK), kompetensi dasar (KD), indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan sumber Belajar. Kedua, di bagi atas beberapa nilai antara lain nilai Islam ilahiyah ubudiyah dan ilahiyah muamalah yang di gunakan pada saat murid dengan menggucapkan salam pada guru dan memasukkan ayat-ayat biologi kedalam materi yang selanjutnya nilai ilahiyah ubudiyah yang di implementasikan dengan membaca Asmaul Husna dan berdoa bersama, dari nilai nilai tersebut pembahasan penelitian ini adalah nilai Islam ilahiyah dimana dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam kedalam materi mata pelajaran biologi bisa menciptakan kondisi dimana penguatan iman dan pembelajaran agama berjalan bersama dengan sains biologi. Ketiga, fartor pendukungnya dengan memaksimalkan sarana dan prasarana yang ada untuk meningkatkan proses belajar dan mengajar, faktor penghambat, yaitu Pertama, minoritas siswa di dalam kelas yang usil dan memancing keributan. Kedua, minimnya kemampuan guru dalam melakukan inovasi terhadap metode dan stratei yang digunakan. Kata Kunci : Integrasi, Pendidikan Agama Islam, Biologi, SMA Negeri 1 Lembah Melintang

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Integrasi, Pendidikan Agama Islam, Biologi, SMA Negeri 1 Lembah Melintang
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 30 Jul 2024 02:43
Last Modified: 28 Aug 2024 02:13
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2844

Actions (login required)

View Item View Item