UPAYA GURU PEMBINA ASRAMA DALAM MEMBINA AKHLAK SANTRIWATI DI SMP AR-RISALAH PADANG

Nina Kartika, Simamora (2016) UPAYA GURU PEMBINA ASRAMA DALAM MEMBINA AKHLAK SANTRIWATI DI SMP AR-RISALAH PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
7. SKRIPSI NINA KARTIKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya pembinaan akhlak sebagai upaya untuk menghindarkan generasi remaja dari dekadensi (penurunan) moral akibat kemajuan teknologi dan informasi yang berdampak pada perubahan kehidupan sosial masyarakat, SMP Ar-Risalah Padang sebagai lembaga pendidikan Islam yang melaksanakan program pengasuhan asrama sebagai salah satu sarana untuk melaksanakan pendidikan akhlak bagi siswa dan siswinya, Pelaksanaan program pengasuhan asrama dilakukan oleh guru pembina asrama. Penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang upaya guru pembina asrama dalam membina akhlak santriwati di asrama. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana upaya guru pembina asrama dalam membina akhlak santriwati kepada Allah di SMP Ar-Risalah Padang, 2) Bagaimana upaya guru pembina asrama dalam membina akhlak santriwati kepada makhluk di SMP Ar-Risalah Padang. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui upaya guru pembina asrama dalam membentuk akhlak santriwati kepada Allah di SMP Ar-Risalah Padang, 2)Untuk mengetahui upaya guru pembina asrama dalam membentuk akhlak santriwati kepada makhluk di SMP Ar-Risalah Padang. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang menggambarkan tentang fenomena-fenomena yang tampak tanpa direkayasa dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan informan dilakukan dengan cara purposive sampling. Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan di asrama putri SMP ar-Risalah Padang diketahui bahwa upaya guru dalam membina akhlak santriwati kepada Allah dengan melaksanakan peranannya sebagai pembimbing dengan melaksanakan pengawasan, pendampingan dan pengontrolan pada kegiatan ibadah, kemudian peran sebagai penasehat dengan memberikan motivasi dan hukuman serta mengingatkan akan sanksi akademik akibat lalai melaksanakan ibadah, serta peran sebagai model dengan ikut melaksanakan kegiatan ibadah bersama santriwati. Sedangkan upaya guru pembina asrama dalam membina akhlak santriwati kepada makhluk yakni dengan melaksanakan peranannya sebagai pembimbing dengan memberikan penjelasan tentang kedisiplinan dan kepedulian pada sesama dan kebersihan lingkungan kemudian peran sebagai penasihat dengan memotivasi melalui kisah orang-orang sukses, mengingatkan pada sanksi akademik,

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:59
Last Modified: 02 Oct 2024 03:00
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2850

Actions (login required)

View Item View Item