UPAYA TUTOR MENINGKATKAN KEMAMPUAN MANUSIA LANJUT USIA DALAM MEMBACA AL-QURAN (Studi di Rumah Pendidikan al-Qur’an (RPQ) al-Marjan Komplek Singgalang Blok A 10 No.2 Kel. Batang Kabung/Ganting Kec. Koto Tangah Padang)

Helen, Refrianti (2016) UPAYA TUTOR MENINGKATKAN KEMAMPUAN MANUSIA LANJUT USIA DALAM MEMBACA AL-QURAN (Studi di Rumah Pendidikan al-Qur’an (RPQ) al-Marjan Komplek Singgalang Blok A 10 No.2 Kel. Batang Kabung/Ganting Kec. Koto Tangah Padang). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
8. SKRIPSI HELEN REFRIANTI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan membaca Al-Quran di RPQ al-Marjan ini cukup berkembang, mereka yang duduk pada tingkatan al-Marjan 3 sudah mulai lancar membaca al-Quran dan bahkan sudah mulai menghafal al-Quran, Peserta didik manusia lanjut usia yang belajar mengaji disini bukan hanya dari orang yang sudah bisa membaca al-Quran saja, akan tetapi sebagian kecil dari mereka ada yang baru mulai belajar dari dasar pengenalan huruf hijaiyah. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui upaya tutor RPQ al-Marjan dalam meningkatkan kemampuan manusia lanjut usia dalam membaca al-Quran.(2)untuk mengetahui apa saja ambatan yang ditemui tutor dalam meningkatkan kemampuan manusia lanjut usia dalam membaca al-Quran di RPQ al-Marjan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskritif yang berarti interpretasi terhadap gejala fakta-fakta atau kejadian-kejadian apa adanya dibuat dan disusun menyeluruh secara sistematis. Hasil penelitian ini yaitu: (1). Upaya tutor RPQ Al-Marjan dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca al-Quran yaitu dengan cara tutor menguasai bahan ajar atau materi ajar sebelum pelajaran dimulai, memberikan tausiah atau nasehat tentang keutamaan mempelajari al- Quran, kemudian tutor mengajar dengan sepenuhhati dengan niat yang tulus karena Allah SWT, dan selalu memberikan perhatian kepada peserta didik ketika belajar.(2). Hambatan yang ditemui tutor dalam meningkatkan kemampuan baca al-Quran manusia lanjut usia adalah kurangnya kedisiplinan peserta didik untuk hadir belajar sehingga ketidak-disiplinan membuat mereka akan tertinggal serta susah memahami pelajaran pada pertemuan selanjutnya. Kesimpulan penelitian ini yaitu: (1). Upaya tutor RPQ al-Marjan dalam meningkatkan kemampuan manusia lanjut usia dalam membaca al-Quran adalah dengan cara tutor menguasai bahan ajar atau materi ajar sebelum pelajaran dimulai, memberikan tausiah atau nasehat tentang keutamaan mempelajari al-Quran agar peserta didik termotivasi serta bersemangat untuk belajar, kemudian tutor mengajar dengan sepenuh hati serta dengan niat yang tulus karena Allah dalam mengajarkan al-Quran dan selalu memberikan perhatian kepada peserta didik juga mengupayakan memusatkan perhatian peserta didik ketika belajar. (2). Hambatan yang ditemui tutor dalam meningkatkan kemampuan baca al-Quran manusia lanjut usia adalah kurangnya kedisiplinan para peserta didik manula hadir dalam belajar, karena ketidakdisiplinan itu membuat mereka akan tertinggal serta susah untuk memahami pelajaran pada pertemuan selanjutnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 30 Jul 2024 07:26
Last Modified: 24 Oct 2024 03:47
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2853

Actions (login required)

View Item View Item