PENGARUH PENDEKATAN PAIKEM TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PAI PESERTA DIDIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 25 AMPING PARAK KABUPATEN PESISIR SELATAN

Rina, Mainawati (2023) PENGARUH PENDEKATAN PAIKEM TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PAI PESERTA DIDIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 25 AMPING PARAK KABUPATEN PESISIR SELATAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
tesisi rina mainawati.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan paikem terhadap minat dan hasil belajar pai peserta didik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang berkaitan dengan hasil dan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI, proses pembelajaran masih menggunakan pendekatan konvensional yang terlihat dari peserta didik belum banyak peserta didik yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, banyak peserta didik yang nilai Pendidikan Agama Islamnya di bawah KKM. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. penelitian eksperimen adalah penelitian yang adanya perlakuan (treatment) yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. metode eksperimen merupakan satu-satunya metode penelitian yang dapat menguji secara benar hipotesis menyangkut hubungan kausal (sebab-akibat). Pendekatan yang digunakan dalam penelirtian ini adalah pendekatan PAIKEM (pembelajaran Aktif, Inovativ, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Adapun Hasil yang diperoleh dari analisis data melalui pengujian hipotesis, memperlihatkan bahwa peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan Pendekatan PAIKEM memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibanding peserta didik yang dibelajarkan dengan tidak memakai Pendekatan PAIKEM. Hal tersebut terlihat dari nilai rata-rata kedua kelompok. Pembelajaran yang menggunakan pendekatan PAIKEM memiliki minat belajar rata-rata 93,33%, sedangkan kelas yang tidak mengunakan pendekatan PAIKEM memiliki minat belajar rata-rata 55,83%. Pada hasil belajar peserta didik yang menggunakan Pendektaan PAIKEM memiliki hasil belajar rata-rata 94,33%, sedangkan hasil belajar poeserta didik yang tidak menggunakan pendekatan PAIKEM adalah 62,33%. Dari hasil penyajian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 25 Amping PArak, kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan. Kata kunci: Pengaruh, minat dan hasil belajar, PAIKEM

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, minat dan hasil belajar, PAIKEM
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:48
Last Modified: 28 Aug 2024 01:46
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2857

Actions (login required)

View Item View Item