PENINGKATAN KOMPETENSI GURU RAUDHATUL ATHFAL MELALUI PELATIHAN DI RAUDHATUL ATHFAL IKHLAS KOTA PADANG

Ihdassadri, Ihdassadri (2022) PENINGKATAN KOMPETENSI GURU RAUDHATUL ATHFAL MELALUI PELATIHAN DI RAUDHATUL ATHFAL IKHLAS KOTA PADANG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS IHDASSADRI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelatihan merupakan salah satu upaya untuk peningkatan kompetensi guru, tapi pelatihan jarang diadakan dan diikuti oleh guru. Berbagai kendala guru RA Ikhlas di Kota Padang tidak mengikuti pelatihan, karena kurangnya masalah biaya, waktu, dan terkadang pelatihan tidak sesuai dengan kebutuhan guru. Kompetensi guru di RA Ikhlas Kota Padang, secara umum sebagian guru RA sudah menguasai dan memilikinya berdasarkan Permendiknas no 16 tahun 2007. Penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data digunakan dengan observasi dan wawancara yang diajukan kepada guru-guru RA dan kepala RA di RA Ikhlas Kota Padang dan dengan mengamati beberapa dokumen yang terkait penelitian. Analisis data kualitatif yang digunakan dengan menggunakan model Milles dan Hubergman. Berdasarkan hasil penelitian bahwa (1) Peningkatan kompetensi pedagogik guru RA, kompetensi pedagogik guru sudah berdasarkan Permendiknas no 16 tahun 2007. Pelatihan penguatan kurikulum RA, pelatihan peningkatan kinerja guru (PKG) memberikan konstribusi bagi guru mengembangkan kurikulum RA yaitu membuat RKH, RKM, dan semester, dan penilaian. Guru RA mengembangkan prinsip bermain sambil belajar, seminar finger fanting dan workshop mengoptimalkan otak kiri dan kanan anak. Pelatihan diikuti oleh guru RA dan sudah memberikan kontribusi terhadap peningkatan kompetensi paedagogik guru RA Ikhlas Kota Padang. (2) Peningkatan kompetensi kepribadian guru RA, guru RA menguasai dan memiliki kompetensi inti kepribadian yang berdasarkan Permendiknas no 16 tahun 2007. (3) Peningkatan kompetensi sosial guru RA, guru RA sudah menguasai. Bentuk pelatihan yang diikuti guru RA adalah seminar sosialisasi ABK, sosialisasi dan pelatihan kader PAUD, menjaga sosialisasi dengan sesama profesi atau guru RA lainnya yaitu workshop Guru RA/RA se-Kota Padang, dan pelatihan atau seminar penyetaraan non PNS. Bentuk pelatihan memberikan dampak terhadap kompetensi sosial guru seperti guru sudah berkomunikasi dengan efektif, sopan, santun, dan tidak diskrimimatif terhadap siapapun serta sudah menerapkan sikap inklusif terhadap anak. (4) Peningkatan kompetensi profesional guru RA, guru RA sudah menguasai dan memiliki kompetensi profesional berdasarkan kepada Permendiknas no 16 tahun 2007. Pelatihan memberikan kontribusi terhadap kompetensi profesional guru RA seperti pelatihan PRA (penelitian tindakan kelas), memberikan dampak terhadap kulaitas kinerja guru RA. Kemudian PKG (peningkatan kinerja guru) memberikan dampak bagi guru sehingga guru bisa mengembangkan dan mengolah materi pelaran, menguasai berbagai permainan anak, jadi guru sudah menguasai materi, struktur, konsep. Kata kunci: Kompetensi guru Raudhatul Athfal, Pelatihan Guru Raudhatul Athfal

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi guru Raudhatul Athfal, Pelatihan Guru Raudhatul Athfal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:12
Last Modified: 28 Aug 2024 02:04
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2876

Actions (login required)

View Item View Item