IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PASCA SERTIFIKASI DI MIN 1 LUBUK BUAYA KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG

Yakub, Yakub (2022) IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PASCA SERTIFIKASI DI MIN 1 LUBUK BUAYA KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS YAKUB NIM 20010101.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru PAI MIN 1 yang telah disertifikasi. Idealnya seorang guru disertifikasi agar kompetensi pedagogiknya semakin meningkat dan cara melaksanakan pembelajaran kepada peserta didik semakin menyenangkan serta peserta didik mampu menyerap ilmu dan nilai-nilai yang telah diajarkan. MIN 1 Kota Padang memiliki guru sertifikasi 6 orang, 5 orang yang PNS dan 1 orang yang GTT. Penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data digunakan dengan observasi dan wawancara yang diajukan kepada guru-guru PAI dan kepala madrasah MIN 1 Kota Padang dan dengan mengamati beberapa dokumen yang terkait penelitian. Analisis data kualitatif yang digunakan dengan menggunakan model Milles dan Hubergman. Berdasarkan hasil penelitian bahwa (1) Rancangan pembelajaran oleh guru PAI di MIN 1 Kota Padang, diantaranya berupa silabus, RPP yang dibuat sudah berpedoman atau sudah sesuai dengan ketentuan Permendiknas RI no 41 tahun 2007. Dari segi kompetensi pedagogik, secara keseluruhan guru PAI sertifikasi MIN 1 Kota Padang sebagian besar telah menguasai kompetensi ini. (2) Pelaksanaan pembelajaran oleh guru PAI, guru PAI yang telah di sertifikasi sebagian besar telah cukup berkompetensi dalam menjalankan pelaksanaan pembelajaran di MIN 1 Kota Padang. Diantara indikatornya bahwa guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran telah menggunakan metode yang bervariasi, PAIKEM, media yang bervariasi, ada juga metode cerita dan yel-yel serta komponen inti pembelajaran telah sesuai dengan sebagaimana mestinya. (3) Evaluasi pembelajaran oleh guru PAI, guru-guru PAI sertifikasi MIN 1 Kota Padang sebagian besar telah memahami konsep evaluasi pembelajaran. Baik itu terkait dengan penerapan prinsip evaluasi, prosedur evaluasi dan bentuk-bentuk evaluasi pembelajaran. Diantara teknis evaluasi yang telah diterapkan di MIN 1 Kota Padang selama ialah evaluasi dalam pembelajaran diadakan berbentuk ulangan harian, ujian pertengahan semester dan ujian semester. ulangan harian diadakan setelah selesai 1 atau 2 SK sedangkan ujian pertengahan semester atau MID semester diadakan pada pertengahan semester dengan materi 1 atau 2 SK yang telah diajarkan dan ujian semester diadakan setelah semua materi pada satu semester selesai diberikan kepada peserta didik. Pada pelaksanaannya Ujian Semester diadakan secara serentak dengan seluruh mata pelajaran yang diadakan selama satu minggu. Dan soalnya pada MID semester dibuat oleh guru-guru mata pelajaran masing-masing, sedangkan pada Ujian Semester waktunya ditentukan oleh instansi pendidikan setempat dan soalnya berasal dari tim yang berwenang untuk membuatnya. Bentuk soal yang digunakan dalam ujian-ujian tersebut adalah bentuk essay dan objektif. Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Guru Sertifikasi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Guru Sertifikasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:26
Last Modified: 28 Aug 2024 02:25
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2877

Actions (login required)

View Item View Item