PERAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) MADRASAH IBTIDAIYAH KOTA PADANG DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU MIN 07 KOTA PADANG

Yul, Efendi (2021) PERAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) MADRASAH IBTIDAIYAH KOTA PADANG DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU MIN 07 KOTA PADANG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
YULEFENDI (190600286108150).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memaparkan tugas dan fungsi program kerja dan konstribusi KKG MI Kota Padang dalam meningkatkan kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 07 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan cara menyusun data, mengorganisasikan data, menjabarkannya ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, dan membuat kesimpulan. Untuk validasi data digunakan beberapa kriteria untuk memeriksa keabsahan data, antara lain derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confimability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tugas dan fungsi KKG MI Kota Padang dalam meningkatkan kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 07 Kota Padang sangat menentukan sekali. Peran dan fungsi KKG MI Kota Padang sangat bermanfaaat untuk peningkatan profesionalisme guru gugus MIN 7 Kota Padang secara berkelanjutan, yakni dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, pemecahan masalah pembelajaran di dalam kelas, serta dalam hal pengembangan media pembelajaran. Fungsi KKG MI Kota Padang sangat dibutuhkan untuk menambah wawasan kependidikan dan pengetahuan ke-MI-an sehingga guru MIN 7 Kota Padang menjadi lebih profesional. KKG MI sangat efektif sebagai salah satu wadah untuk pengembangan keprofesianalan berkelanjutan (PKB). Untuk mendukung optimalisasi fungsi KKG MI perlu dilakukan peningkatan kualitas moral yang didukung oleh sebuah mekanisme kontrol berupa kode etik yang dikembangkan dan disepakati bersama dalam organisasi profesi guru, sehingga fungsi KKG dapat berjalan secara efektif dan optimal dalam meningkatkan kinerja guru secara konstinyuitas. Program KKG MI Kota Padang yang dirancang mampu meningkatkan kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 07 Kota Padang. Secara ideal program peningkatan profesionalisme guru perlu dilakukan revitalisasi pelatihan, melaksanakan mekanisme kontrol penyelenggaraan pelatihan, serta menyusun sistem penilaian yang sistematik dan periodik yang tepat sehingga tidak menghambat pencapaian program-program KKG MI Kota Padang. Program kegiatan yang bersifat insidental juga sangat membantu guru dalam mengatasi kejenuhan pelaksanaan KKG MI. Kebiasaan KKG MI yang monoton, dengan suasana pasif dan kurangnya kemampuan tutor dalam mengelola kelas, akan menjadi lain ketika suasana KKG MI berbeda dengan biasanya. Konstribusi KKG MI Kota Padang dalam meningkatkan kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 07 Kota Padang tergambar nyata dari tanggapan para guru MIN 7 Kota Padang. KKG MI Kota Padang memberikan kontstribusi dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam melaksanakan tugas profesionalnya. KKG MI Kota Padang juga dapat meningkatkan kepuasan dan moral kerja serta disiplin yang tinggi sehingga para guru memiliki kinerja baik. Pembinaan guru harus terus dilakukan dalam kerangka pembinaan profesi dan karier guru. Pembinaan profesi guru yang dilakukan KKG MI Kota Padang meliputi pembinaan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Keyword: KKG dan Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: KKG dan Kinerja Guru
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 01 Aug 2024 08:37
Last Modified: 28 Aug 2024 02:51
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2883

Actions (login required)

View Item View Item