Desmidar, Desmidar (2021) EFEKTIVITAS ICE BREAKING UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII MTSN 2 PASAMAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
THESIS COMPLETE.pdf Download (13MB) |
Abstract
Tuntutan pembelajaran dan kegiatan belajar mengajar yang menoton dinilai kurang proporsional sehingga membuat siswa merasa terbebani, bosan dan jenuh. Kejenuhan belajar diartikan sebagai kelelahan fisik, emosi, dan mental yang dialami siswa ditandai dengan menurunnya motivasi dan minat belajar siswa, yang dapat mengakibatkan menurunnya prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji efektifitas ice breaking untuk menurunkan kejenuhan belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperiment non equivalent pretest – posttest control group. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.1 MTsN 2 Pasaman yaitu sebanyak 41 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penurunan skor kejenuhan belajar siswa yaitu sebanyak 25%. Rekomendasi kepada guru agar dapat melaksanakan kegiatan ice breaking dalam proses pembelajaran agar proses pembelajaran menjadi lebih optimal. Kata Kunci: Kejenuhan Belajar, Ice Breaking
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kejenuhan Belajar, Ice Breaking |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 08:06 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 02:30 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2889 |
Actions (login required)
View Item |