IMPLIKASI ALIRAN PSIKOLOGI KOGNITIF DALAM PROSES BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Novelti, Novelti (2021) IMPLIKASI ALIRAN PSIKOLOGI KOGNITIF DALAM PROSES BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Jurnal Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
Artikel.pdf

Download (779kB)

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pengertian aliran psikologi kognitif, pengertian belajar kognitif, tokoh-tokoh aliran kognitif, ciri-ciri aliran belajar kognitif, dan implikasi teori kognitif dalam proses belajar dalam pembelajaran. Proses psikologi kognitif meliputi bagaimana informasi diperoleh, dipresentasikan dan ditransformasikan sebagai pengetahuan yang dimunculkan kembali sebagai petunjuk dalam sikap dan perilaku manusia. Belajar merupakan suatu aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan, dan nilai sikap yang relatif bersifat permanen. Belajar akan lebih berhasil jika materi yang dipelajari penuh makna. Keterlibatan siswa secara aktif dalam setiap sintaks pembelajaran sangat penting karena hanya dengan siswa aktif maka proses asimilasi dan akomodasi pengetahuan serta pengalaman dapat terjadi dengan baik. Kata kunci; psikologi kognitif, proses belajar, pembelajaran

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 31 Dec 2021 03:33
Last Modified: 31 Dec 2021 03:33
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/289

Actions (login required)

View Item View Item