STRATEGI GURU TAHFIZ DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QU’RAN PESERTA DIDIK PADA PANDEMI COVID 19 DI SD IT CAHAYA MADANI KECAMATAN LUBUK SIKAPING KABUPATEN PASAMAN

Suri, Tolani (2021) STRATEGI GURU TAHFIZ DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QU’RAN PESERTA DIDIK PADA PANDEMI COVID 19 DI SD IT CAHAYA MADANI KECAMATAN LUBUK SIKAPING KABUPATEN PASAMAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS WISUDA OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Guru Tahfiz dalam Meninggkatkan Hafalan Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid 19 di SD IT Cahaya Madani Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi sekolah yang melaksanakan pembelajaran secara daring dan luring karena adanya kebijakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang mengeluarkan surat edaran untuk meliburkan sekolah-sekolah dan perguruan tinggi dalam mengantisipasi penyebaran virus Carona 19. Virus Carona merupakan virus yang menyerang paru-paru dan bisa mengakibatkan kematian. Dengan diliburkannya sekolah dan perguruan tinggi diharapkan terputusnya mata rantai virus Karona sehingga kebijakan pemerintah untuk menjaga jarak (social distancing) bisa dilaksanakan. Penelitian ini dilaksanakan di SD IT Cahaya Madani dengan mengunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan penelitian lapangan(field research). Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan melaksanakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Ketiga teknik pengumpulan data ini diaplikasikan untuk mengetahui strategi apa saja yang dilakukan guru tahfiz dalam mengajarkan tahfiz pada masa Covid 19, untuk mengetahui kemampuan hafalan Al-Qur’an peserta didik di SD IT Cahaya Madani dan untuk menemukan faktor pendukung dan penghambat dalam mengajarkan hifzil Al-Qur’an pada masa Covid19. Hasil penelitian ini adalah adanya beberapa strategi yang digunakan oleh guru tahfiz dalam melaksanakan pembelajaran tahfiz, yaitu penerapan metode menghafal dengan mengunakan rekaman video, penerapan metode sama’i melalui fitur voice note pada aplikasi whatapps dan mengunakan strategi pembelajaran interaktif berbasis rumah ditengah keterbatasan dalam pembelajaran yang dilakukan( Piber). Kemampuan hafalan siswa pada masa pandemi ini cukup baik dan mampu menjaga kualitas hafalan. Dalam pelaksanaan strategi ini ada berapa faktor yang mendukung yaitu kompetensi guru, ketersedian gawai/amartphone/gadget, kerjasama internal sekolah dan kerjasama internal sekolah. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat adalah keterbatasan alokasi waktu pembelajaran, perbedaan kemampuan siswa, motivasi belajar peserta didik, tempat belajar, dan jaringan internet. Kata Kunci: Strategy, Pembelajaran Tahfiz, Covid 19

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategy, Pembelajaran Tahfiz, Covid 19
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:42
Last Modified: 28 Aug 2024 02:49
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2890

Actions (login required)

View Item View Item