Mulyu, Hendri (2021) IMPLEMENTASI PETUNJUK TEKNIS PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH PADA MASA PEMBIASAAN BARU (Studi Perbandingan SDN 06 Pauh dan SDN 10 PAUH Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
MULYU HENDRI.pdf Download (5MB) |
Abstract
Guna pemenuhan hak peserta didik mendapat layanan proses pembelajaran selama masa darurat penyebaran Covid-19, terkhusus dalam masa pembiasaan baru, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan surat edaran nomor 15 tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Sesuai dengan kewenangan Kementerian Agama melalui Direktur Jenderal Pendidikan Islam telah mengeluarkan Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Pada Masa Kebiasaan Baru. Juknis ini harus menjadi pegangan dan panduan bagi Guru Pendidikan Agama Islam dalam menjalankan proses pembelajaran selama Masa Kebiasaan Baru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Petunjuk teknis penyelenggaraan pembelajaran Pendidikan agama Islam di sekolah pada masa pembiasaan baru. Jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan membuat verifikasi/ kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data perlu dilakukan untuk dijamin tingkat validitasnya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama : Perumusan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran selama masa pembiasaan baru di SDN 06 dan SDN 10 Pauh Kecamatan Lubuk Sikaping sudah merujuk pada Petunjuk teknis pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah pada Masa Pembiasaan Baru. Kedua : Guru Pendidikan Agama Islam dikedua sekolah tersebut sudah melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan Petunjuk teknis pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah pada Masa Pembiasaan Baru. Dimana selama masa pembiasaan baru di kedua sekolah tersebut dilakukan pola pembelajaran di rumah ( BDR ), mengunakan system belajar luar jaringan ( Luring ). Ketiga, Proses penilaian pada masa pembiasaan baru yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam di dua sekolah tersebut sudah mengacu pada Petunjuk teknis pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah pada Masa Pembiasaan Baru. Dalam proses penilaian guru lebih focus pada 2 aspek penilaian, tidak melakukan penilaian seperti normal yang harus mencakup 3 aspek penilaian yakni, penilaian pengetahuan, sikap dan keterampilan. Kata Kunci: Implementasi, Masa Pembiasaan Baru, Guru PAI
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Masa Pembiasaan Baru, Guru PAI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 03:00 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 02:42 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2891 |
Actions (login required)
View Item |