Tatis, Arni (2022) PENGARUH PERAN KEPALA MADRASAH DAN STRATEGI GURU TERHADAP PENGUATAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DI MTSN 2 KOTA SAWAHLUNTO. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
Tesis Tatis Arni Full ok.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh visi MTsN 2 Kota Sawahlunto yang bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang sholeh, moderat, cerdas, dan unggul, mandiri dan berkepribadian berdasarkan gotong royong. Visi tersebut mengimplementasikan konsep moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, diperlukan peranan kepala madrasah dan strategi guru untuk menguatkan nilai-nilai moderasi beragama di MTsN 2 Kota Sawahlunto. Sehingga, moderasi beragama menjadi jembatan dan kekuatan untuk menghadapi tantangan ekstrimisme. Selain itu, moderasi beragama dapat menjadi konsep dalam mempersiapkan generasi yang religius dan berjiwa nasionalis serta toleran terhadap sesama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peranan kepala madrasah dan strategi guru terhadap penguatan nilai-nilai moderasi beragama. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ex post facto. Penelitian ini menganalisis tiga variabel yang terdiri dari dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Populasi penelitian adalah seluruh warga MTsN 2 Kota Sawahluto, sedangkan sampel terdiri dari 10 orang guru dan 30 orang siswa dari tingkatan kelas yang berbeda-beda. Data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Instrumen pengumpulan data menggunakan form observasi lingkungan madrasah dan angket yaitu angket peranan kepala madrasah, strategi guru dan nilai-nilai moderasi beragama. Analisis data terdiri dari analisis data deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pada analisis statistik inferensial menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan regresi sederhana dan uji korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan kepala madrasah dan strategi guru berpengaruh terhadap penguatan nilai-nilai moderasi beragama. Pengaruh peran kepala madrasah terhadap penguatan nilai-nilai moderasi beragama di MTsN 2 Kota Sawahlunto mempunyai nilai product moment sebesar 0,008 dengan tingkat korelasi sebesar 0,885 yang menunjukkan korelasi yang sangat tinggi. Pengaruh strategi guru terhadap penguatan nilai-nilai moderasi beragama di MTsN 2 Kota Sawahlunto mempunyai nilai product moment sebesar 0,025 dengan tingkat korelasi sebesar 0,741 yang menunjukkan korelasi yang tinggi. Selain itu, peran kepala madrasah dan strategi guru sama-sama memberikan pengaruh terhadap penguatan nilai-nilai moderasi beragama di MTsN 2 Kota Sawahlunto. Pengaruh ini diperlihatkan dari hasil uji ganda dengan nilai sebesar 0,032 < 0,05 yang menunjukkan hubungan antara variabel simultan dengan nilai korelasi sebesar 0,762 yang berarti hubungan antar variabel kuat. Kata kunci : moderasi beragama, peran kepala madrasah, strategi guru
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | moderasi beragama, peran kepala madrasah, strategi guru |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 07:48 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 02:24 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2893 |
Actions (login required)
View Item |