Putri, Ayu (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERKALIAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 26 TALAMAU. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
skripsi full putri ayu.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian berawal di kelas II SD N 26 Talamau. Guru kurang mengkontruksi pemikiran siswa dan kurang melibatkan siswa dalam menemukan konsep.Tujuan penelitian mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas II SD N 26 Talamau. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD N 26 Talamau, penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini mengalami peningkatan hasil RPP siklus I rata – rata 77,5% (B) siklus II rata-rata 93,8 (A), aspek guru siklus I nilai rata-rata 79,6 (B) siklus II nilai rata-rata 90,6% (A), aspek siswa siklus I nilai rata-rata 79,6% (B) siklus II nilai rata-rata 90,6% (A),penilaian hasil belajar siswa siklus I dengan nilai rata – rata 65,9 % (C) dan pada siklus II dengan nilai rata – rata 77,2% (B). Dapat disimpulkan penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Hasil Belajar, Contextual Teaching and Learning
Actions (login required)
View Item |