PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN TEMA MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS II MIN 1 KOTA PADANG

Wildayani, Harnita (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN TEMA MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS II MIN 1 KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
Skripsi Wildayani PDF.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya peningkatan hasil belajar siswa, sehingga siswa kesulitan dalam pembelajaran Matematika. Penelitian berawal dari kenyataan di kelas II MIN 1 Kota Padang. Dalam pembelajaran guru belum menggunakan model yang sesuai dengan materi pembelajaran, kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran dan sering terlihat bosan, sehingga mengalibatkan rendahnya hasil belajar siswa. tujuan penelitian ini mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika dengan Tema Merawat Hewan dan Tumbuhan menggunakan model Kooperatif Tipe Make A Match di kelas II MIN 1 Kota Padang. Jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas II MIN 1 Kota Padang, dengan jumlah siswa 32 orang yang terdiri dari 19 laki-laki dan 13 perempuan tahun ajaran 2018/2019, penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Keberhasilan dalam penelitian ini mengalami peningkatan dari siklus ke siklus.Dimana hasil RPP siklus I dengan rata-rata 67,5% dan siklus II dengan nilai rata-rata 80% dari aspek guru pada siklus I dengan rata-rata 83,33% dan siklus II dengan nilai rata-rata 91,67% dari aspek siswa pada siklus I dengan rata-rata 79,17%. dan siklus II dengan nilai rata-rata 95,83%. Hasil belajar pada siklus I dan siklus II hal ini menunjukkan bahwa diperoleh nilai rata- rata 73,84% meningkat dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan model kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran: Guru dan sekolah hendaknya melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model yang bervariasi terutama model kooperatif tipe make a match yang tepat menurut peneliti untuk membangkitkan semangat dan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran, dan hal ini agar siswa lebih leluasa memberikan pendapat atau tanggapan setelah apa yang dilihat nya atau dipelajarinya saat proses pembelajaran berlangsung. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipe Make A Match

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipe Make A Match
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 08 Aug 2024 03:10
Last Modified: 08 Aug 2024 03:10
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2896

Actions (login required)

View Item View Item