Hastiningsih, Hastiningsih (2020) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI SDIT NUR HIDAYAH LUBUK ALUNG KECAMATAN LUBUK ALUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
TESIS HASTININGSIH.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena dilatarbelakangi adanya peningkatan mutu sekolah di SDIT Nur Hidayah Lubuk Alung, yang di kepalai oleh Ibu Andila, S.Pd. Dahulu sekolah ini hanya merupakan sekolah kecil dengan bangunan yang sederhana yang jumlah peserta didiknya kurang dari 10 peserta didik dengan hanya memiliki satu rombel saja. Namun saat sekarang, sekolah ini merupakan salah satu sekolah unggulan dan berkompetitif dengan peserta didik yang setiap tahun meningkat dari seluruh kalangan masyarakat. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatakan mutu sekolah di SDIT Nur Hidayah Lubuk Alung. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, kompetensi supervisi dan kompetensi sosial kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah di SDIT Nur Hidayah Lubuk Alung. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepaala sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul penulis analisis melalui analisis kualitatif dengan urutan reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi. Penelitian ini berhasil menemukan: (1) Kompetensi kepribadian dan kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah di SDIT Nur Hidayah Lubuk Alung adalah mengoptimalkan kinerja guru dan karyawan, meningkatkan unjuk kerja pendidik dan karyawan, meningkatkan kedisiplinan pendidik, memberikan keteladanan, membentuk team work, dan membuat program sekolah. (2) Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di SDIT Nur Hidayah Lubuk Alung adalah meningkatkan citra sekolah, membangun gedung sekolah baru, meningkatkan sarana prasarana, dan meningkatkan sumber dana. (3) Kompetensi Supervisi dan Kompetensi Sosial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di SDIT Nur Hidayah Lubuk Alung adalah promosi sekolah ke masyarakat, meningkatkan kualitas peserta didik, melakukan pembinaan dan mengadakan pelatihan pelatihan dan perekrutan pendidik. Kata kunci: Strategi Kepala Sekolah, Mutu Sekolah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Kepala Sekolah, Mutu Sekolah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 07:34 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 03:03 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2908 |
Actions (login required)
View Item |