Lisa Puspita, Sari (2017) KORELASI BIMBINGAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI 29 PEBAYAN PENGGALANGAN KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
Abstract
Berawal dari permasalahan bahwa orang tua kurang menyadari pentingnya bimbingan terhadap anak-anaknya. Padahal perhatian, bimbingan, motivasi dan peranan dari orang tua tersebut dibutuhkan oleh anak untuk memperoleh keberhasilan didalam kehidupannya, baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang. Rumusan dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimanakah gambaran Bimbingan Orang Tua Peserta Didik Kelas II SD Negeri 29 Pebayan Penggalangan Kota Padang,(2) Bagaimanakah gambaran Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II SD Negeri 29 Pebayan Penggalangan Kota Padang,(3) Apakah terdapat hubungan Bimbingan Orang Tua dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II SD Negeri 29 Pebayan Penggalangan Kota Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran Bimbingan Orang Tua di Kelas II SD Negeri 29 Pebayan Penggalangan Kota Padang,(2) Untuk mengetahui gambaran Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II SD Negeri 29 Pebayan Penggalangan Kota Padang,(3) Untuk mengetahui hubungan Bimbingan Orang Tua dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II SD Negeri 29 Pebayan Penggalangan Kota Padang. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan orang tua dengan hasil belajar peserta didik kelas II SD Negeri 29 Pebayan Penggalangan Kota Padang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode korelasional kuantitatif, yaitu menghubungkan antara dua variable dengan menggunakan angka. Bimbingan orang tua (variabel X) dan hasil belajar (variabel Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II SD Negeri 29 Pebayan Penggalangan Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bimbingan yang diberikan oleh orang tua di kelas II SD Negeri 29 Pebayan Penggalangan Kota Padang tergolong pada klasifikasi sering dalam memberikan bimbingan terhadap anak mereka,(2) hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik kelas II SD Negeri 29 Pebayan Penggalangan Kota Padang tergolong pada klasifikasi tinggi,(3) terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan orang tua dengan hasil belajar peserta didik kelas II SD Negeri 29 Pebayan Penggalangan Kota Padang. Saran peneliti adalah agar guru lebih memperhatikan peserta didik dalam proses belajar mengajar berlangsung dan bagi orang tua harus lebih meningkatkan bimbingan untuk anak-anak mereka terutama saat di rumah ataupun di sekolah. Jika orang tua telah membimbing anak-anaknya dengan baik maka akan memperoleh hasil yang memuaskan juga. Kata Kunci: Bimbingan Orang Tua,Hasil Belajar
Actions (login required)
View Item |