PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN TEMA INDAHNYA KERAGAMAN NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA SISWA KELAS IV MIN I KOTA PADANG

Idia, Fidola (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN TEMA INDAHNYA KERAGAMAN NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA SISWA KELAS IV MIN I KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
skripsi pdf idia fidola.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah kegiatan dalam proses belajar mengajar di MIN siswa kurang serius dalam proses pembelajaran dan rendahnya minat dan motivasi siswa Mengikuti mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Dengan begitu siswa akan lebih mempunyai wawasan yang luas tentang belajar mereka. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam belajar memahami materi pelajaran dan menjadikan proses pembelajaran tidak membosankan, diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MIN 1 Kota Padang, dengan jumlah siswa 35 orang yang terdiri dari 12 putra dan 23 putri tahun ajaran 2018/2019, penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Keberhasilan dalam penelitian ini mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Dimana hasil RPP siklus I dengan niali rata-rata 70% pada siklus II dengan nilai rata-rata 87,5% dari aspek guru pada siklus I dengan nilai rata-rata 87,5% pada siklus II dengan rata-rata 93,75%, dari aspek siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 84,37% pada siklus II dengan nilai rata-rata 90,62%. Hasil belajar pada siklus I hal ini menunjukkan bahwa diperoleh nilai rata-rata 76,51%, meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 80,91%, dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Hasil Belajar,Model kooperatif STAD

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,Model kooperatif STAD
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:48
Last Modified: 26 Aug 2024 03:48
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2921

Actions (login required)

View Item View Item